Tanggal :

Sekda Hambali Buka Expose Penelusuran Sejarah Kampar Tentang PDRI dan KTN

Sekda Hambali Buka Expose Penelusuran Sejarah Kampar Tentang PDRI dan KTN

Dibaca: 171 kali  Kamis, 22 Februari 2024 | 20:50:21 WIB
Sekda Hambali Buka Expose Penelusuran Sejarah Kampar Tentang PDRI dan KTN
Ket Foto :

Kampar – Pj Bupati Kampar H. Muhammad Firdaus, SE, MM yang di wakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kampar Hambali, SE, MBA.MH membuka secara resmi kegiatan Expose Penelusuran Sejarah Kampar tentang Pemerintahan Darurat Republik Infonesia (PDRI) dan Komisi Tiga Negara (KTN) yang di laksanakan di Balai Bupati Kampar, Kamis (30/11/2023)

 

Turut hadir Perwakilan Kadis Perpustakaan dan Arsip Provinsi Riau, Perwakilan Kadisdik Prov Riau, Kabag Ops Brimob Riau Rivana Wahdi, Kadis Pariwisata Kampar, Zamhur, Tokoh Masyarakat Kampar Prof. Yusri Munaf, Sejarawan dan Akademisi Kampar, dan Forum Forum Penggiat Literasi Kampar.

 

Dalam sambutannya Sekda Kampar Hambali, SE, MBA, MH menyampaikan dengan semangat literasi, ia mengapresiasi para penulis dengan setinggi-tingginya hingga buku tentang PDRI dan KTN ini terbit.

 

“Kampar tidak kekurangan orang-orang hebat, sebagai contoh didalam buku ini yang mengisahkan tentang perjuangan masyarakat kabupaten dalam mempertahankan kemerdekaan untuk menghadapi Agresi militer belanda, bagaimana gagahnya masyarakat kampar berjuang dengan pasukan Harimau Kampar, Hantu kubu, pasukan Hizbullah, dan Sabillil Muslimat berkorban darah keringat dan airmata demi Indonesia,” ungkap Hambali.

 

“Kampar memiliki peran tersendiri dalam mempertahankan kemerdekaan termasuk diadakannya Perundingan Komisi Tiga Negara (KTN) untuk penyelesaian konflik genjatan senjata antara Belanda dan indonesia yang lokasinya berada di Sekolah Rakyat Pulau Balai Kuok (SR) yang terdiri dari tiga negara yakni Amerika Serikat, Australia, dan Belgia sebagai utusan PBB,” tambahnya.

 

Selain itu, Sekda Hambali juga menyampaikan masih banyak sejarah kabupaten kampar ini yang belum bisa kita expose, tentu ini menjadi PR Kita bersama untuk menggali lebih dalam sejarah yang pernah terjadi di kampar, sehingga di masa kedepan dapat kita ceritakan kepada generasi kita,” Kata Hambali

 

Terakhir, ia berharap kedepan eksplorasi terhadap sejarah Kampar dapat lebih di tingkatkan hingga kampar nanti dapat di kenal dunia Internasional,” Harap Hambali.

 

Sementara itu, Kadis Perpustakaan Dan Arsip Kabupaten Kampar DR. Yuli Usman, M. Ag menyampaikan tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah upaya pengenalan dan pelestarian terhadap sejarah yang pernah terjadi di kabupaten Kampar.

 

“Melalui Ekspose yang dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten, yang mengangkat tentang Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) dan Komisi Tiga Negara (KTN) diharapkan khalayak ramai bisa mengetahui bahwa Kampar pernah menjadi bagian penting dalam mempertahankan Kemerdekaan Negara Republik Indonesia dan juga pernah tercatat sebagai tempat perjanjian Internasional,” Ujar Yuli Usman

 

“Semoga ini menjadi awal yang baik bagi kita untuk dapat mengeksplore sejarah Kabupaten Kampar lebih dalam, karena masih banyak sejarah dan misteri Kampar yang harus diungkap mulai dari Candi Muara Takus yang masih berdiri kokoh, kerajaan Gunung Sahilan, tokoh-tokoh hebat dari Kampar dan masih banyak lagi,” Tandasnya.

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR