Tanggal :

Antisipasi Covid-19

Posko Siaga Tim Relawan Desa Terantang Manuk Aktif 24 jam

Dibaca: 1452 kali  Senin, 27 April 2020 | 22:47:13 WIB
Posko Siaga Tim Relawan Desa Terantang Manuk Aktif 24 jam
Ket Foto : Tim Relawan Posko Siga Desa Terantang Manuk foto bersama

PANGKALAN KURAS - GETARPIJAR.COM - Untuk mengantisipasi Wabah Virus Corona atau Covid-19, Pemerintah Desa Terantang Manuk Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan Riau mendirikan Posko Siaga Desa Covid-19 aktif 24 jam. Hal ini dilakukan dalam upaya untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 atau Virus Corona.


Pemerintah Desa bersama BhabinKamtibmas, Babinsa, tokoh masyarakat, Petugas Kesehatan, Bidan Desa mendirikan posko siaga Tim Relawan Tanggap Covid-19 yang sudah berdiri selama 2 minggu yang lalu.


Kepala Desa Terantang Manuk Bakri Menyampaikan kepada GETARPIJAR.COM Pada Senin  (27/4/2020) bahwa posko siaga tim relawan Covid -19 Desa tersebut bertugas guna memantau dan memberhentian setiap warga yang melintas untuk cuci tangan.


Posko Relawan juga akan mengecek Suhu tubuh, jika hasil pengukuran suhu tubuh dibawah 37,5 Celcius, maka warga diperbolehkan melanjutkan perjalan dan jika hasil pengukuran diatas 37.5 c, maka petugas jaga akan memberhentikan dan melakukan Pendataan yang selanjutnya diarahkan untuk memeriksakan kesehatan diri ke Puskesmas Pangkalan kuras II.

 

Kades berharap Kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak panik serta lebih meningkatkan kewaspadaan di tempat lingkungan masing-masing dan Selalu mengikuti  informasi dan himbauan resmi yang dikeluarkan Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Riau dan himbauan Bupati Pelalawan, "mari kita sama sama berdo'a kepada Allah SWT agar Virus Corona Cepat berakhir," ucapnya.


Kepala Desa Terantang Manuk juga menghimbau kepada masyarakat Desa Antara lain yaitu:

1. Tidak Berkumpul/Nongkrong

2. Tidak Melakukan Resepsi Pernikahan dan Mengumpulkan orang Banyak

3. Tidak Melakukan Kenduri Menyambut Bulan Suci Ramadhan

4. Tidak Melakukan Buka Puasa Bersama dibulan Suci Ramadhan

5. Tidak Berpergian Keluar Daerah untuk sementara waktu dan tunda Mudik Lebaran

6. Bagi warga yang Pulang dari Luar Daerah Agar Melapor/ Memeriksakan Diri  diPuskesmas Pangkalan Kuras II


Nada yang sama juga disampaikan Sekretaris Desa Terantang Manuk Suardi. Dalam hal ini Suardi menyampaikan bahwa tim relawan yang mendapat shift malam harus melaksanakan patroli keliling Desa untuk menghimbau dan mengedukasikan ke warga agar tidak Berkumpul dan lain-lain terkait Pencegahan Corona.


"Kami meminta agar tim relawan yang mendapat shift malam harus melaksanakan patroli keliling Desa untuk menghimbau dan mengedukasikan ke warga agar tidak Berkumpul dan lain-lain terkait Pencegahan Corona," ujar Sekdes.


Tim Relawan Covid-19 Desa Terdiri Dari Kepala Desa, BPD, LKMD, Kadus, RT/RW, toko masyarakat, Bhabinkamtimas, Babinsa dan Petugas Kesehatan. Pemuda dan Mahasiswa serta pendamping Desa. Tim Relawan Covid-19 Desa terantang ini berjumlah 94 orang terdiri dari 3 shift dan bertugas secara bergiliran. (Syarii)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR