Tanggal :

Menuju Pelalawan Terang Yang Merata 2020

Dibaca: 240 kali  Rabu,15 April 2020 | 23:59:47 WIB
Menuju Pelalawan Terang Yang Merata 2020
Ket Foto : Bupati Pelalawan H.M. Harris meresmikan penggunaan listrik 24 jam di 3 Desa di Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau.

PELALAWAN - GETARPIJAR.COM - Bupati Pelalawan H.M.Harris, telah mencanangkan program Pelalawan Terang sebagai salah program prioritas/unggulan dari 7 (tujuh) Program Strategisnya. Program ini, merupakan upaya peningkatan elektrifikasi Rumah Tangga.


Serta, perluasan pemanfaatan sumber daya listrik dalam menunjang aktifitas ekonomi, sosial dan budaya dengan fasilitasi pembangunan pembangkit listrik dan pembangunan jaringan listrik sampai ke pelosok.


Keinginan tersebut, dilakukan Bupati Harris. Karena, sangat prihatin melihat jumlah rumah tangga di Kabupaten Pelalawan yang teraliri listik 24 jam baru mencapai 21,17 persen. Sebelum, diresmikan PLTMG pada tahun 2013.


Melihat kondisi inilah dan didukung dengan sumber daya alam (SDA) yang memadai berupa pasokan Gas Alam yang dijadikan sumber tenaga, H.M.Harris bertekad untuk mewujudkan kabupaten Pelalawan terbebas dari krisis listrik melalui program Pelalawan Terang.


“Program ini, telah terbukti dan sudah banyak masyarakat yang merasakan manfaatnya. Bahkan, bukan masyarakat kabupaten Pelalawan saja, tetapi juga masyarakat dari kabupaten tetangga yang daerahnya mengalami devisit pasokan listrik.”Terang Bupati Pelalawan H.M.Harris, baru-baru ini di Pangkalan Kerinci.


Peningkatan elektrifikasi tersebut, didukung oleh adanya pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) PT.Langgam Power. Pembangunan, jaringan listrik oleh PLN dan pembangunan jaringan listrik melalui APBD Provinsi Riau dan APBD Kabupaten Pelalawan.


Dimana, panjang jaringan listrik yang dibangun dengan APBD Kabupaten Pelalawan sebanyak 2.020,5 kms. Selain itu, juga dibangun PLTS sebanyak 457 unit dan PLTS terpusat sebanyak 3 desa.


“Program ini, juga sejalan serta mendukung program Nawacita Presiden Jokowi-JK yakni mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis khususnya kedaulatan energi.”Sebutnya.


Bupati Pelalawan HM Harris mengatakan, kita tidak bosan bosan nya berjuang dan meminta kepada pemerintah pusat, agar memperhatikan dan membangun Pelalawan dengan tujuan agar pelalawan tetap maju dan berkembang bersaing dengan kabupaten lain yang lebih maju, beberapa agenda yang masih belum tercapai dengan baik seperti, kesehatan, infrastruktur pembangunan jalan, listrik. Ini semua masih belum tercapai terealisasi secara merata disetiap daerah, begitu juga angka kemiskinan kata Harris.


"Ini semua tentu saja perlu perjuangan dan kerja sama kita semua untuk membangun Kabupaten Pelalawan, agar lebih baik dan maju, untuk mendapatkan semua ini perlu perjuangan kita, apalagi tantangan kedepannya kita semakin berat terhadap anak anak kita nantinya, karena ini harapan saya. Biar kita-kita susah, tapi jangan anak cucu kita jadi susah atau menjadi penonton di kampung sendiri, untuk itu mari lah kita jaga dan kita bangun di segala bidang secara bersama sama. Harapan saya kepada kita kita semua, jangan mudah tergiur dengan isu-isu yang memecah belah hubungan kita semua dan mari kita hindari semua ini," ujarnya.

 

Resmikan Penggunaan Listrik 24 Jam

Bupati Pelalawan H.M. Harris meresmikan penggunaan listrik 24 jam di 3 Desa di Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan Propinsi Riau. Listrik 24 jam di desa merupakan mimpi bagi masyarakat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Teks photo: Bupati Pelalawan H.M. Harris foto bersama usai meresmikan penggunaan listrik 24 jam di 3 Desa di Kecamatan Teluk Meranti Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau.


Ke-3 desa yang telah bisa menggunakan listrik selama 24 jam ini adalah Desa Teluk Binjai, Desa Pulau Muda dan Kelurahan Teluk Meranti. Acara peresmian listrik 24 ini dilaksanakan di Desa Pulau Muda, Kecamatan Teluk Meranti, Minggu (9/2/2020).


Bupati Harris dalam sambutannya mengatakan bahwa listrik 24 jam di desa merupakan mimpi bagi masyarakat. Listrik 24 jam merupakan mimpi yang tidak disangka-sangka oleh masyarakat kita.


Selama ini masyarakat hanya bisa menggunakan listrik selama 6 jam saja atau menggunakan mesin sendiri untuk menikmati listrik, padahal listrik merupakan kebutuhan dasar bagi masyarakat. "Ini adalah kerja keras pemerintah dalam mewujudkan Kabupaten Pelalawan Terang,” kata Harris.


Ia juga mengajak masyarakat untuk banyak bersyukur karena listrik sudah bisa digunakan selama 24 jam di desa ini.


Maka dari itu kita semua perlu bersyukur dengan adanya listrik 24 jam di desa kita. Kami juga berharap kepada seluruh masyarakat untuk tetap melaksanakan program magrib mengaji, agar generasi muda harapan kita dapat berkualitas.


"Dan semoga akan dengan adanya listrik 24 jam di desa ini, semoga perekonomian masyarakat akan semakin membaik”.

 

Target 100 Persen


Kabupaten Pelalawan ditargetkan teraliri lsitrik 100 persen pada tahun 2020 ini. Hal ini memerlukan kerjasama seluruh komponen untuk membangun kelistrikan, terutama di desa yang belum terjangkau oleh listrik.


Bupati Pelalawan, HM Harris meminta peran serta masyarakat wujudkan elektrifikasi 100 persen. "RT/RW, pemuka masyarakat, kepala desa begitu juga camat apa yang bisa dibantu PLN ini agar tidak ada hambatan," katanya, kemarin.


Untuk mewujudkan elektrifikasi 100 persen, kata Bupati Harris, perlunya kerjasama mendukung kelancaran pembangunan jaringan di wilayah yang belum tersentuh listrik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Teks photo: Bupati Pelalawan HM Harris Meresmikan Listrik di Dua Desa Teluk Dan Desa Tanjung Sum Kecamatan Kuala Kampar.


Kelancaran pembangunan jaringan listrik diwujudkan dengan kelancaran yang diberikan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) di Pelalawan dalam hal perizinan perampalan, pembebasan maupun hibah lahan kepada PLN agar dapat dimanfaatkan untuk pembangunan serta pemeliharaan jaringan listrik.


"Banyak masyarakat tak mau ditumbang tanaman, inilah pengorbanan kita. Kalau mau berhasil kan harus ada pengorbanan," ujarnya.


Terkait jaringan listrik yang melewati areal perusahaan ada beberapa langkah yang ditempuh. "Pertama kali izin kalau itu dikawasan. Kita harus tegas juga karena kepentingan masyarakat karena 2020 target elektrifikasi sudah harus 100 persen," tandas Bupati Harris. (Adv/Pemkab Pelalawan)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR