Tanggal :

Bupati Zukri Optimis Pelalawan Maju Terwujud

Dibaca: 851 kali  Rabu, 14 Juli 2021 | 23:32:57 WIB
Bupati Zukri Optimis Pelalawan Maju Terwujud
Ket Foto : Bupati Pelalawan H.Zukri Misran memberi sambutan saat menghadiri pelaksanaan Musrenbang rencana kerja (Renja) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022

PELALAWAN - GETARPIJAR.COM - Bupati Pelalawan Terpilih Periode 2021-2026 H.Zukri Misran optimis akan membangun kabupaten Pelalawan maju sesuai dengan rencana visi dan misi pemerintah daerah yakni membawa lima misi yaitu Maju SDM yang Agamis, Maju Ekonomi, Maju Infrastruktur, Maju Wisata dan Budaya, dan Maju Layanan Pemerintahan.

 

Hal demikian disampaikannya saat memberikan kata sambutan dalam pelaksanaan Musrenbang rencana kerja (Renja) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022 di Gedung Daerah Datuk Laksemana Mangkudiraja Pangkalan Kerinci, Rabu (10/03).

 

Langkah-langkah yang dilakukannya diantaranya pelayanan kepada masyarakat bisa betul-betul dirasakan. Di Kepemimpinan H.Zukri dan H.Nasaruddin,SH,MH akan memproritaskan pada peningkatan SDM.

 

Bupati Pelalawan H.Zukri Misran mengatakan Pelalawan terletak di dua posisi strategis yakni peluang industri dan geografis yang menguntungkan, makanya Kabupaten  akan menyiapkan balai siap kerja, sehingga perusahaan butuh tenaga kerja anak pelalawan bisa bekerja di perusahaan yang ada di daerah kita atau tempat yang lainnya nanti, peningkatan SDM melalui kampus ST2P yang sudah ada saat sekarang.

 

"Kita akan kuliahkan SDM unggul anak Pelalawan, kita akan bangun banyak universitas, anak yatim biaya pendidikan akan ditanggung oleh Pemerintah Daerah sampai  Strata Satu (S1). Bila ada anak Pelalawan yang berkuliah di kedokteran akan dibantu oleh Pemerintah Daerah dengan perjanjian siap untuk melaksanakan ikatan dinas di Pelalawan dan bersedia ditempatkan seluruh wilayah pelalawan. Kemudian kita akan tingkatkan peran serta dan aktifnya perusahaan yang beroperasi di Pelalawan melalui Program CSR yang sudah ada,” tegas H.Zukri.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

H.Zukri dalam eksposnya juga mempresentasikan gebrakan melalui terintegrasinya basis data (database) di Kabupaten Pelalawan, peningkatan produksi pertanian, perternakan, program pupuk gratis, di mana akan meningkatkan hasil produksi sawit, pariwisata sungai akan ditingkatkan dan difungsikan semaksimal mungkin, pemberdayaan masyarakat melalui UMKM, pengembangan tanaman yang ramah lingkungan, industri percetakan buku tulis dengan bahan baku dari perusahaan yang ada di Kabupaten Pelalawan.

 

Kemudian industri konveksi, merubah pendamping desa akan menjadi pendamping sosial serta pemerintahan yang akuntable melalui ASN yang siap dalam berinovasi dan bekerja cepat.

 

“Saya pribadi juga meluruskan informasi di masyarakat bahwa keterbatasan anggaran APBD 2021 saat ini insya Allah akan kita bisa wujudkan program yang sudah kami sampaikan saat bersama masyarakat, dan dengan niat di awal kita yakin dan optimis kebersamaan kita, di mana pos-pos anggaran yang perlu kita gali untuk pembangunan Pelalawan maju ke depannya. Kita perlu bangun dan kami optimis Pelalawan maju dapat terwujud di bawah kepemimpinan H.Zukri dan H.Nasaruddin,SH,MH,“ tegas Bupati lagi.

 


Percepat Pelaksanaan Program Pelalawan Maju

Paska dilantik beberapa waktu lalu, Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan H Zukri Misran-H Nasarudin SH MH langsung bergerak cepat untuk mengejar percepatan pembangunan daerah.

 

 

Untuk merealisasikan pelaksanaan kemajuan pembangunan Negeri Seiya Sekata, pasangan mantan Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau dan mantan Ketua DPRD Pelalawan tersebut kembali mengumpulkan seluruh kepala instansi Pemkab Pelalawan dan sejumlah tokoh masyarakat untuk menggelar rapat yang dipusatkan di Aula Kantor Bappeda Pelalawan ini, guna membuka pelaksanaan forum konsultasi publik rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026.

 

Bupati Pelalawan H Zukri Misran meminta forum konsultasi publik rancangan awal RPJMD 2021-2026 ini dilaksanakan untuk mewujudkan visi misinya yakni Pelalawan Maju.

Bupati berharap melalui visi dan misi Pelalawan maju ada langkah-langkah yang akan dilakukan, sehingga berdampak memberikan kesejahteraan bagi masyarakat di Negeri Amanah ini. Untuk mewujudkan itu semua, maka pemkab Pelalawan akan mengedapankan pelayanan maksimal yang bisa betul-betul dirasakan masyakat. Serta pembangunan infrastruktur yang merata dan peningkatan pengembangan pariwisata, sumber daya manusia dan ekonomi melalui Industri dan UMKM yang memberikan efek terhadap meningkatnya pendapatan daerah.

 

Bupati Pelalawan H Zukri Misran juga menjabarkan secara mendetail proyek prioritas yang akan dilaksanakannya bersama Wakil Bupati Pelalawan H Nasarudin SH MH, untuk mewujudkan Pelalawan Maju 2026.

 

Seperti peningkatan sumber daya manusia (SDM) melalui pendirian Institut Negeri Pelalawan (INP) yang akan di pusatkan pendidikannya di ibukota Kabupaten Pelalawan yakni Pangkalankerinci.

 

Selain itu, pihaknya juga akan meningkatkan pengembangan Sekolah Tinggi Teknologi Pelalawan (STTP) yang berlokasi di Kecamatan Langgam sebagai pusat laboratorium mahasiswa. Sedangkan pelaksanaan pendidikan belajar mengajarnya, akan dipusatkan di Kota Pangkalankerinci.

 

“Kemudian, kami juga akan meningkatkan SDM tenaga kesehatan yang akan direkrut di tahun 2021 ini yakni para dokter. Para dokter ini nantinya akan disekolahkan melalui dana APBD, untuk mengambil pendidikan spesialis dengan ikatan dinas bersedia mengabdi dan di tempatkan di wilayah-wilayah yang jauh dari akses ibukota. Seperti pedalaman Kuala Kampar dan Teluk Meranti yang sangat susah mendapat akses pelayanan kesehatan,” paparnya.

 

Sedangkan dari bidang keagamaan pemkab Pelalawan akan memberikan bantuan beasiswa full bagi masyarakat Pelalawan penghapal atau hafiz Alquran untuk melanjutkan pendidikan S1, S2 bahkan lanjut S3.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bupati Minta masyarakat dukung Pelalawan menuju Kota Megapolitan serta peningkatan insentif para gharim, imam, bilal, guru MD/PTA. Pemberian bantuan serta santunan kepada anak anak kurang mampu, yatim piatu, janda tua, serta para jompo.

 

Untuk basis perencanaan pembangunan akan terintegrasi pemkab akan satu aplikasi yang dikenal dengan nama Klik Pelalawan. Di dalam aplikasi ini, semua jenis pelayanan masyarakat dan data akan terintegrasi dengan lengkap dan akurat.

 

Menurutnya ini juga akan memudahkan pelayanan bagi para investor untuk melakukan investasi di Pelalawan. Selain itu juga pelayanan masyarakat akan cepat di akses sehingga tidak perlu berurusan di Kantor Kecamatan apalagi harus ke ibukota kabupaten. Karena masyarakat akan mendapatkan pelayanan prima yang langsung sampai ke desa-desa.

 

 

Harapkan Sinergisitas Legislatif dan Eksekutif

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pelalawan menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang pertanggung jawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pelalawan Tahun 2020 yang berlangsung di Gedung DPRD Pangkalan Kerinci. Rabu (30/06). Rapat paripurna langsung di hadiri oleh Wakil Bupati Pelalawan H. Nasaruddin, SH, MH.

 

Sebelumnya telah melalui proses pembahasan di Panitia Khusus (Pansus) II Ranperda yang di ketuai oleh Sudirman Laham. Rapat paripurna ini di hadiri oleh 26 Anggota DPRD yang menandatangani daftar hadir, dari 35 Anggota DPRD Pelalawan keseluruhan sehingga memenuhi qorum untuk di laksanakannya pengambilan keputusan. Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan Baharuddin,SH,MH didampingi oleh Wakil Ketua I Syafrizal,SE dan Wakil Ketua II H. Anton Sugianto, S.Ud, Ketua DPRD Baharuddin,SH,MH mengatakan dengan telah disetujuinya dalam rapat paripurna penyampaian pembahasan pansus dan pengambilan keputusan serta penutupan pembahasan terhadap ranperda tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD Tahun 2020 maka akan di lakukan tahapan berikutnya evaluasi di Pemerintah Propinsi Riau sebelum nantinya kita sahkan menjadi peraturan daerah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Ia juga menambahkan untuk Ranperda pembahasan RPJMD Tahun 2021-2026 sampai saat ini masih terus di laksanakan dan digesa antara eksekutif dan legislatif dalam pembahasan.

 

Sementara itu Wakil Bupati H.Nasaruddin,SH,MH menyambut baik dengan telah di setujuinya Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang pertanggung jawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pelalawan Tahun 2020 dimana dalam pelaksanaan anggaran tahun 2020 tentunya kita menyambut baik transparansi serta akuntable pengelolaan keuangan daerah bagi pembangunan masyarakat di Kabupaten Pelalawan, selain itu juga penghargaan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI untuk kesembilan kalinya bagi pelalawan yakni opini wajar tanpa pengecualian menjadi prestasi yang patut kita banggakan.

 

WTP adalah opini audit tertinggi dari BPK terkait pengelolaan anggaran di kementerian atau lembaga negara. Opini ini diterbitkan jika laporan keuangan dianggap telah sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan baik dan bebas dari salah saji material.

 

Nasaruddin menambahkan dengan telah di setujuinya ranperda ini sebagai bukti bahwa legislatif dan eksekutif merupakan unsur penyelenggara pemerintahan, perlu adanya masukan dan saran dalam penyelengaraan pemerintahan yang terlibat dari para pemangku kebijakan, sinergisitas legislatif dan eksekutif untuk kita bersama sama bekerja dalam mewujudkan pelalawan maju kedepannya. (Advertorial)

 

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR