Tanggal :

Disnaker Riau Buka Posko Pengaduan Dampak Covid-19

Dibaca: 1362 kali  Kamis, 02 April 2020 | 14:57:59 WIB
Disnaker Riau Buka Posko Pengaduan Dampak Covid-19
Ket Foto : Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau

PEKANBARU - GETARPIJAR.COM - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau membuka Posko Satgas Perlindungan Pekerja Buruh Dalam Pencegahan dan Penangulangan Virus Corona (Covid-19), di kantor Disnakertrans Riau jalan Pekanbaru.


Posko tersebut menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) tentang Perlindungan Pekerja/Buruh dan Kelangsungan Usaha Dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19.


"Kita sudah membuka posko bagi perusahaan yang ingin melaksanakan SE Menaker silahkan perusahaan melapor ke posko," kata Kepala Disnakertrans Provinsi Riau, Jonli kepada wartawan, Kamis (2/4/2020).


Jonli mengatakan, pihaknya juga sudah membuat SE tentang pelaporan perusahaan yang melakukan pembatasan kegiatan usaha akibat kebijakan pemerintah untuk mencegah dan penanggulangan Covid-19 di Provinsi Riau.


"Mungkin dari segi ketenagaan kerja akan mengkaji pekerjanya, atau apabila perusahaan tidak mampu dan merumahkan pekerja. Tentu soal upahnya harus sesuai dengan surat edaran, bagaimana kedua belah pihak bisa berunding. Dan kita juga siap melakukan mediasi," terangnya.


Lebih lanjut Jonli menyampaikan, sejak dibuka kemarin saat ini perusahaan yang akan melakukan kebijakan merumahkan pekerja, yakni Hapy Papi, PT Panca Eka dan beberapa yayasan pendidikan.


"Kemudian ada dua perusahaan akan melakukan perubahan jam kerja, seperti Indah Kiat dan RAPP. Tapi sudah banyak perusahaan yang akan melapor ke posko, dan kita siap menunggu," ujarnya.


Jonli menyatakan perusahaan yang akan menjalankan SE tersebut nantinya akan disampaikan ke Menaker.


"Yang jelas dalam menghadapi stuasi sekarang ini, kami harus memperhatikan dan menjalankan SE Menaker itu," tukasnya. (Mcr/Gpc)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR