Tanggal :

Wali Kota Pekanbaru Optimis KIT Datangkan Pendapatan Rp14,6 Triliun Pertahun

Dibaca: 753 kali  Senin, 09 Maret 2020 | 15:10:26 WIB
Wali Kota Pekanbaru Optimis KIT Datangkan Pendapatan Rp14,6 Triliun Pertahun
Ket Foto : Wali Kota Pekanbaru, Firdaus.

PEKANBARU - GETARPIJAR.COM - Seperti diketahui Kawasan Industri Tenayan (KIT) Pekanbaru, masuk dalam salah satu kawasan industri strategis nasional. Setelah beroperasi, diprediksi KIT akan mendatangkan pendapatan sebesar Rp14,6 triliun.


Wali Kota Pekanbaru, Dr. H. Firdaus, ST, MT mengatakan, Pekanbaru mendapatkan satu kawasan industri strategis nasional yang baru dari 27 kawasan yang telah ditentukan pemerintah pusat. Kawasan ini ada 14 di pulau Sumatera, 1 di pulau Jawa, 1 di pulau Madura, 6 di pulau Kalimantan, 3 di pulau Sulawesi, 1 di pulau Papua, dan 1 di Nusa Tenggara Barat (NTB).


"Untuk daerah Riau, ada dua daerah yang telah ditentukan pemerintah pusat yaitu kawasan industri di Pekanbaru terdapat di Tenayan Raya dan satu lagi di Kabupaten Siak," ujarnya, Senin (9/3/2020).


Diharapkan, KIT menjadi proyek percontohan (pilot project) di pulau Sumatera. Kawasan ini memiliki luas sekitar 1.550 hektare. "KIT ini akan menjadi industri hilir, terutama pabrik pengolahan kelapa sawit dengan nilai investasi Rp17 triliun. Kawasan ini akan membuka 155.000 lapangan pekerjaan," sebut Firdaus.


"Kawasan ini akan mendatangkan pendapatan kepada negara sebesar Rp14,6 triliun per tahun. Kawasan industri ini juga akan didukung dengan sarana dan prasarana berupa jalan tol di Sumatera," imbuhnya. (Kominfo)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR