Tanggal :

Dilaksanakan di Kantor Camat bangko

BPS Rohil Sosialisasi Sensus Penduduk 2020

Dibaca: 882 kali  Selasa, 18 Februari 2020 | 14:56:08 WIB
BPS Rohil Sosialisasi Sensus Penduduk 2020
Ket Foto : Camat Bangko, H.Rijalul Fikhri,SE dan kepala BPS Rohil, Encep Wagan Refliana,S.SI,MM

BAGANSIAPIAPI - GETARPIJAR.COM - Sosialisasi menghadapi sensus penduduk 2020 dilaksanakan di kantor camat Bangko Jalan Pelabuhan Baru Bagansiapiapi, Selasa (18/02/2020). 


Sosialisasi sensus penduduk 2020 ini guna  menuju satu data kependudukan Indonesia. Tampak saat itu camat Bangko H.Rijalul Fikhri,SE, Kepala BPS Rokan Hilir (Rohil) Encep WaganReÙiana S.SI M.M dan dihadiri oleh lurah, penghulu serta perangkat desa SE kecamatan Bangko Kabupaten Rokan Hilir (Rohil).


Camat Bangko H.Rijalul Fikhri,SE menjelaskan kegiatan sensus penduduk di wilayah kecamatan Bangko tidak akan lancar, aman dan sukses jika tidak ada kerjasama semua pihak khususnya pihak perangkat desa dan pihak BPS ketika bersama sama dilapangan untuk melakukan pendataan penduduk di wilayahnya masing-masing.


"Kita upayakan pendataan bersama ini berjalan dengan baik,lancar dan sukses," katanya camat Bangko ini.


Rijalul Fikhri berharap agar sensus penduduk yang ketujuh kalinya ini dapat berjalan dengan baik. Oleh sebab itu, kata ia, pada saat ini dihadirkan para penghulu dan lurah beserta perangkat desa dalam kegiatan sosialisasi sensus penduduk ini.


Setelah acara sosialisasi ini, camat Bangko mengharapkan kepada para penghulu dan lurah untuk mengadakan rapat dengan ketua RT diwilayahnya agar mengintruksikan ketua RT dapat mendampingi petugas sensus penduduk dari BPS ketika saat mendata kependudukan diwilayahnya masing-masing.

Hal ini sangat perlu dan dibutuhkan ketika petugas BPS mendatangi warganya namun kepala keluarganya tidak berada di rumah. "Paling tidak Selasa mendatang sudah melaksanakan rapat untuk menjelaskan hal tersebut,"ujarnya.


Dalam kesempatan ini camat Bangko juga mengharapkan kepada BPS dapat juga menjelaskan kepada aparat desa dan ketua RT bagaimana cara mengirim data secara online dengan baik dan benar. Camat Bangko  ingin pendataan sensus penduduk 2020 berjalan dengan lancar dan baik oleh sebab itu dalam kesempatan ini Dia memperkenalkan satu persatu kasie dan petugas di kecamatan Bangko kepada kepala BPS Rohil.


Pada saat yang sama, kepala BPS Rohil Encep Wagan ReÙiana S.SI M.M menjelaskan bahwa data sensus penduduk merupakan milik bersama hanya saja pelaksanaannya diatur oleh undang-undang.

"Data ini bukan milik BPS, data ini milik kita semua, hanya saja pelaksanaannya kita diatur oleh undang-undang,"katanya.


Ditambahkanya, undang undang berguna untuk menfaliditas data. Dalam kesempatan ini kepala BPS Rohil berterima kasih kepada pemerintah kabupaten Rokan Hilir (Rohil) yang turut serta dalam mengawal kualitas data dari bawah.


"Artinya kami ingin bahwa kesamaan data yang ada dimulai dari bawah, dimulai dari RT sehingga tidak bakal salah lagi,"tuturnya.


Dalam pelaksanaannya nanti diharapkan kepala BPS Rohil selalu bersama sama sehingga jika ada permasalahan nanti ada perangkat ketua RT hadir.


"Mudah-mudahan kolaborasi ini menjadi model yang bagus khususnya di kecamatan Bangko yang nanti mungkin bisa dikembangkan di kecamatan lainnya sehingga Rokan Hilir dapat menghasilkan data yang berkualitas,"tandasnya Encep Wagan ReÙiana S.SI M.M. (Wrc/Gpc)
 

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR