Tanggal :

Walikota Pekanbaru: Terimakasih Guru

Dibaca: 937 kali  Senin, 25 November 2019 | 14:22:09 WIB
Walikota Pekanbaru: Terimakasih Guru
Ket Foto : Wali Kota Pekanbaru, DR. H. Firdaus, ST, MT

PEKANBARU - GETARPIJAR.COM - Momentum hari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-74 pada tanggal 25 November 2019 bagi Wali Kota Pekanbaru, DR. H. Firdaus, ST, MT tidak sekedar memaknai Guru sebagai Pahlawan tanpa tanda jasa.
 
Sedikit mundur kebelakang, orang nomor satu di Pekanbaru ini sangat terinspirasi dari sosok Oemar Bakri yang sudah berhasil menciptakan masyarakat yang cerdas dan kreatif.
 
"Guru ini bukan sekedar pahlawan tanpa tanda jasa, tapi mereka adalah pencipta dan penemu masyarakat kita saat ini. Tidak sedikit hasil karya guru sudah berhasil mengharumkan nama negara kita semua. Bisa dikatakan, semua guru disini adalah tokoh pendidikan yang menciptkan kita semua disini," ujar Wali Kota Pekanbaru, Senin (25/11).
 
Wali kota Pekanbaru juga sedikit bernostalgia saat dia masih menjadi pelajar. Menurutnya, guru lah yang mendidik dia menjadi seperti saat ini. Mulai dari belajar membaca hingga berhitung. Bahkan, Wako juga mengakui hingga saat ini dia masih mengingat siapa gurunya sejak di Sekolah dasar hingga meraih gelar Doktor.
 
Tidak tanggung, Wako juga mengucapkan terimakasih atas seluruh jasa tenaga pendidik yang masa lalu, masa kini dan akan datang.
 
"Tidak cukup hanya terimakasih sebenarnya atas jasa para pahlawan tanpa tanda jasa ini. Sampai kapanpun, mereka selalu ada di hati kita semua dan sampai kapanpun mereka selalu menjadi pahlawan kita. Selamat hari guru dan Terimakasih atas jasamu Guru," ucapnya.
 
Firdaus sadar bahwa semakin hari, beban para guru semakin berat. Untuk itu dirinya, meminta para guru untuk bersifat ikhlas demi memajukan kehidupan bangsa untuk generasi kedepan.
 
"Guru jelas adalah seorang pionir, di tangan gurulah akan hadir calon sumber daya manusia yang akan berkualitas kedepannya. Bangsa yang cerdas juga peran dari tangan dingin seorang guru," sampainya.
 
Terkhusus untuk guru di Pekanbaru, Wali Kota dua periode ini mempunyai tips bagaimana menciptakan generasi milenial yang mandiri, tangguh dan berdaya saing.
 
Firdaus menyampaikan bahwa guru mestinya memiliki mindset yaitu tidak hanya sebagai seorang kepala sekolah, melainkan juga seorang pemimpin perusahaan yang memproduksi produk yang berkualitas yaitu sumber daya manusia. "Dari guru berawal, bagaimana menciptakan generasi yang siap hadapi revolusi industri," ungkap Firdaus.
 
Dengan peran guru tersebut, peserta didik mampu menggali potensinya sehingga menuntun Indonesia menjadi tangguh dan berdaya saing. Tak sampai disitu, Firdaus juga menyebutkan peran guru begitu vital, karena hampir setengah harinya para peserta didik dihabisakan di sekolah. 
 
"Lingkungan juga berperan untuk membentuk karakter siswa. Jadi peran guru memperhatikan peserta didiknya, juga berdampak kepada akhlak dan sikap peserta didik kedepannya," ujar Firdaus.
 
Terakhir, Firdaus mengucapkan ribuan terimakasih untuk para semua guru. "Selamat hari guru, semoga niat tulus ikhlas para guru, akan menjadi amal ibadah mereka," pungkasnya. (Kominfo)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR