Tanggal :

Bupati Kuansing H. Mursini Hadiri Doa Padang Kenegerian Koto Rajo Kecamatan KHS

Dibaca: 750 kali  Senin, 03 Februari 2020 | 14:25:28 WIB
Bupati Kuansing H. Mursini Hadiri Doa Padang Kenegerian Koto Rajo Kecamatan KHS
Ket Foto : Bupati Kuansing H. Mursini saat menghadiri doa Padang Kenegerian Koto Rajo Kecamatan KHS

KUANTAN HILIR SEBERANG - GETARPIJAR.COM - Bupati Kabupaten Kuantan Singingi Drs. H. Mursini, M.Si memenuhi undangan doa padang Masyarakat Kenegerian Koto Rajo Kecamatan Kuantan Hilir Seberang, Ahad (2/2/2020) sore.

Doa padang ini merupakan tradisi di masyarakat Kuansing, dilakukan sebelum turun ke sawah dengan tujuan meminta kepada sang pencipta, agar hasil penen bisa melimpah.

Datuk Penghulu Mudo Kenegerian Koto Rajo Harmidi dihadapan Bupati menyampaikan, maksud dan tujuan dalam doa padang ini merupakan cara untuk meminta kepada maha yang kuasa agar benih padi yang akan ditanam berhasil sesuai harapan.

"Acara doa padang ini juga bertujuan untuk menjalin hubungan silaturahmi di tengah masyarakat. Diharapkan dengan meningkatnya hubungan silaturahmi akan mendatangkan rezeki bagi masyarakat," ungkap Harmidi.

Sementara, Camat Kuantan Hilir Seberang Novrion menyampaikan, sejauh ini kendala yang dihadapi kalangan petani adalah ketiadaan benih. "Hal ini disebabkan musibah banjir tahun 2019 lalu sebanyak dua kali terjadi sehingga menyebabkan gagal panen," beber Novrion.

  Terakit kendala ini, menurut Novrion, pihaknya mencarikan solusi dengan menanggulangi melalui dana desa.

Ia menyebutkan, banyaknya benih padi yang dibutuhkan untuk Kecamatan Kuantan Hilir Seberang, yakni sebanyak 15 ton. Sementara benih yang ada menurutnya, hanya 3 ton, sehingga kekurangan 12 ton.

Menjawab kendala yang dihadapi petani ini, Bupati langsung merespon, untuk kekurangan benih padi kata dia bisa  ditanggulangi sementara oleh Dinas Pertanian. "Nanti diganti melalui dana desa," kata Bupati. (Rtc/Gpc)
 

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR