Tanggal :

Diskominfo Rohul Gelar Bimtek Kades Terpilih Tahun 2023

Diskominfo Rohul Gelar Bimtek Pra Tugas Kades Terpilih Tahun 2023

Dibaca: 311 kali  Rabu, 08 Februari 2023 | 19:45:54 WIB
Diskominfo Rohul Gelar Bimtek Pra Tugas Kades Terpilih Tahun 2023
Ket Foto :

ROHUL - Bimbingan teknis (bimtek) / Pelatihan pra tugas Kepala Desa (Kades) terpilih tahun 2023 hasil pilkada serentak Tahun 2022 diadakan di Hotel gelora bakti Pasir Pengaraian, Senin (6/2/2023).

Sebelumnya, Wakil Bupati Rokan Hulu H. Indra Gunawan telah membuka Secara Langsung pembukaan Bimtek pra tugas Kades Terpilih telah dilakukan di Pendopo Rumah Dinas Bupati pada Senin (6/2/2023) yang kemudian bimtek dilanjutkan di Hotel Gelora Bhakti Pasir Pengaraian.

Kegiatan yang ditaja oleh DPMPD Rokan Hulu ini dilakukan sebelum pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan kepala desa, agar kepala Desa Terpilih Mendapatkan Pembekalan sebelum menjalankan tugas nya sebagai perpanjangan tangan pemerintah untuk memberikan pelayanan terbaik ditengah tengah masyarakat.
Beberapa narasumber diundang untuk menyampaikan materi kepada kepala desa terpilih, salah satunya Kadis Kominfo H. Syofwan, S. Sos. Yang diwakilkan pada Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Rohul Rudy Fadrial, S.Sos, M.Si tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Rudy Fadrial menyampaikan, bahwa keterbukaan informasi merupakan hal yang penting dalam menjalankan pemerintahan, tapi tidak semua informasi dapat dikonsumsi oleh publik.

"Kita terbuka dan transparan, tapi ada batasan yang harus di jaga, PPID desa harus mengetahui tujuan diminta nya informasi tersebut, jika tujuannya membahayakan keamanan dan stabilitas desa, maka diarahkan ke informasi yang lain atau berikan reviewnya saja " ujarnya.

Rudy juga menjelaskan, mengenai perubahan Keterbukaan informasi publik sebelum era orde baru dan sesudah orde baru diantaranya selain perubahan dari tertutup menjadi terbuka dan transparan tapi juga terjadi perubahan mind set/ cara berfikir tentang informasi.
Selanjutnya, Rudy berharap Pemerintah desa dapat menerapkan collaborative Governance dengan pendekatan pentahelix dengan menjalin hubungan baik dengan media dan menjadikannya sebagai mitra untuk menyampaikan informasi pembangunan daerah kepada masyarakat.

" Jadikan media sebagai mitra bagi pemerintah untuk berkomunikasi dengan masyarakat melalui publisitas, karena opini publik terbentuk oleh derasnya arus informasi dari media," tutupnya. (MC Diskominforohul) 

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR