Tanggal :

Kunker Gubri Syamsuar

Kunker Ke Rohul,Gubri Didampingi Bupati Sukiman Tanam Pohon Aren Dan Bibit Indukan Ikan Arwana

Dibaca: 142 kali  Selasa,05 Juli 2022 | 12:23:46 WIB
Kunker Ke Rohul,Gubri Didampingi Bupati Sukiman Tanam Pohon Aren Dan Bibit Indukan Ikan Arwana
Ket Foto :

ROHUL- Gubernur Riau H.Syamsuar Lakukan Kunjungan Kerja Ke Kecamatan Tambusai Utara Kabupaten Rokan Hulu dalam kegiatan Penanaman Pohon Aren serta Penaburan Bibit Indukan Ikan Arwana di Rawa Seribu Kecamatan Tambusai Utara, Senin (4/7/2022).

Turut hadir dalam acara, Perwakilan Kementerian LHK Republik Indonesia, Kepala Kejaksaan Tinggi Riau, Kepala Dinas LHK Provinsi Riau, Pimpinan PT Torganda, Kapolres Rokan Hulu, AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK, Ketua DPRD Rohul, Novliwanda Ade Putra, Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Rohul, Camat dan Kepala Desa Mahato serta Ketua Gapoktan HKm Tambusai Sariman, SH.
Diawali dengan sambutan dari Ketua Gapoktan HKm Tambusai Utara, Sariman, SH yang mengatakan bahwa Gapoktan HKm Tambusai Utara Mempunyai 10 program yang mana dalam tahap awal ini dijalan kan dua program unggulan yakni Penanaman Aren dan Penaburan Indukan Benih Arwana.

Dalam menjalankan program yang dicanangkan tentunya kami berharap kepada Gubernur Riau kiranya dapat membantu merealisasikan alat berat ampibi untuk percepatan pengelolaan lahan-lahan supaya program-program dicanangkan bisa segera dilaksanakan.

Kemudian dari pada itu Sebelum sambutan dari Gubernur Riau terlebih dahulu diawali dengan penyematan tanda bagi peserta pelatihan Budidaya Lebah Madu dan Budidaya Aren oleh Gubri H.Syamsuar.
Selanjutnya Gubernur Riau, H Syamsuar dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Provinsi Riau tetap berkomitmen untuk mendukung program pengembangan per hutan Sosional.

"Yang mana program ini merupakan salah satu program prioritas Nasional yang diintruksikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo," kata Gubri.

Gubri menjelaskan ada sebanyak 10.000 batang pokok aren dari 20.000 jumlah secara keseluruhan yang nantinya akan ditanam.

"Pemerintah Provinsi Riau, melalui DLHK bersama beberapa pihak terus berupa ya mendorong percepatan pengembangan perhutan sosial, sebagai bagian dari aksi rencana aksi Riau Hijau," jelas Gubri.

Keberhasilan perhutan sosial di Provindi Riau diharapkan Gubri tidak hanya dari sisi target luasan saja, namun hendaknya mampu mengembangkan pengelolaan perhutan sosial yang berkualitas sehingga betul-betul memberi manfaat bagi masyarakat.

"Oleh karena itu dibutuhkan kerjasama yang baik antar Kementerian terkait ditingkat Nasional, OPD ditingkat Provinsi maupun Kabupaten serta beberapa pihak termasuk masyarakat di dalamnya," sebut Gubri.
Tidak lupa juga Gubri menjawab permohonan yang disampaikan Ketua Gapoktan HKm Tambusai Utara yang mana dirinya menyarankan pihak Gapoktan melalui Desa dan Camat mengajukan Surat agar alat berat ampibi yang ingin di pinjam bisa dipakai dalam menggarap lahan Gapoktan HKm Tambusai Utara di Rawa Seribu.

Sementara itu, dalam kata sambutan Bupati H Sukiman mengakui bahwa Kabupaten Rokan Hulu merupakan salah satu daerah penghasil gula aren, yang saat ini tercatat di dua kecamatan, yakni Kecamatan Rokan IV Koto dengan luas 9,7 hektar dan kecamatan Tandun seluas 17,01 hektar.

"Ditambah lagi dengan 200 hektar di lahan gapoktan hutan kemasayarakatan Tambusai Utara yang kita hadirin saat sekarang ini," kata Bupati.

Diakui Bupati, gapoktan petani aren hutan kemasyarakatan Tambusai Utara ini menjadi gapoktan petani aren pertama dan satu-satunya di Kabupaten Rokan Hulu bahkan di Provinsi Riau.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Riau atas perhatian dan bantuan berupa 20 ribu pokok enau," tambah Bupati.

Oleh karena itu lanjut Bupati, Orang nomor satu di Kabupaten Rokan Hulu itu berharap penambahan lahan perkebunan aren di lokasi gapoktan hutan kemasyarakatan tambusai utara ini, mampu merubah pola pikir dan perilaku para petani, khususnya yang tergabung di dalam gapoktan hutan kemasyarakatan Tambusai Utara, dan umumnya para petani yang ada di Kabupaten Rokan Hulu ini.

Masih dalam acara, Gubernur Riau, H Syamsuar bersama Bupati Rohul, Sukiman juga melakukan penaburan indukan arwana yang berjumlah sebanyak 7 ekor, dimana 4 diantaranya adalah berjenis kelamin betina dan lainnya jantan.

"Kegiatan ini merupakan salah satu langkah nyata kita bersama untuk menghidupkan kembali arwana sebagai ikon Rokan Hulu, sekaligus penyelamatan ikan arwana," pungkas Bupati. (MCDiskominforohul/MV)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR