Tanggal :

Kunker Ke Desa Kepenuhan Timur

Bupati Sukiman Resmikan 2 Unit Usaha Baru Bumdesa Timur Makmur

Dibaca: 852 kali  Selasa, 10 Maret 2020 | 14:37:04 WIB
Bupati Sukiman Resmikan 2 Unit Usaha Baru Bumdesa Timur Makmur
Ket Foto : Bupati Rohul H. Sukiman foto bersama.

KEPENUHAN - GETARPIJAR.COM - Bupati Rohul H. Sukiman menghadiri Musyawarah Pertanggungjawaban Tahunan Bumdesa (MPTB), sekaligus meresmikan 2 Unit Usaha Baru Bumdesa Timur Makmur, Desa Kepenuhan Timur, Kecamatan Kepenuhan, pada Selasa (10/3/2020).
 
Kedatangan orang nomor satu di Rohul ini bersama Bunda Paud Rohul Hj.Peni Herawati Sukiman disambut dengan Meriah oleh masyarakat Desa Kepenuhan Timur, dimana Bupati dan Ketua TP PKK Rohul di Payungi dengan Payung Adat dan diiringi Lagu selamat datang oleh Group Rebana Desa Kepenuhan Timur.
 
Turut hadir Mendampingi Bupati dalam kegiatan itu, Bunda Paud Rohul Hj. Peni Herawati Sukiman, Pejabat Eselon II Rohul, Camat Kepenuhan, Kades Kepenuhan Timur Azhar AS, Serta Kapolsek Kepenuhan.
 
Seperti Biasa Bupati dan Bunda Paud terlebih dahulu sebelum memulai acara menyapa masyarakat yang hadir satu persatu serta mengajak anak anak Paud untuk Bergembira bersama dengan menyanyikan Lagu "Anak Paud Rokanhulu".
 
Pada kesempatan itu, Kades Kepenuhan Timur dalam sambutannya menyampaikan melalui perguliran Dana dari tahun 2012 hingga hari ini Sebesar 6.5 Milyar  dengan SHU tahun 2017 sebesar Rp. 63.746.747, kemudian tahun 2018 mengalami penurunan sehingga SHU sebesar Rp. 53.831.515.
 
"Alhamdulillah pada tahun 2019 SHU ini kembali naik, karena kita telah lakukan upaya-upaya intervensi dan berkoordinasi bersama pengelola Bumdes, maka pada tahun 2019 SHU kita mencapai Rp. 73.835.950, jadi pada tahun 2018 ke tahun 2019 mengalami kemajuan 40%," kata Azhar.
 
Tambah Azhar As, pada tahun 2020 ini yang menjadi program prioritas Desa adalah Persoalan Agama dan Ekonomi, yang mana ekonomi ini dibangun melalui Bumdes, sebab saat ini UU Desa dan aturan lainnya banyak memberi peluang kepada keuangan Desa ini adalah Bumdes yang memang harus diberdayakan.
 
"Kita ingin Bumdes ini menjadi kekuatan ekonomi dan masyarakat kita, adapun langkah yang harus dilakukan untuk menggerakkan ekonomi Desa ini secepat mungkin adalah tentu kita harus membuat Unit usaha baru, paling tidak 2 unit usaha dalam satu tahun," kata Azhar.
 
Terkait pembangunan Turap, diakui Azhar pihaknya telah melakukan koordinasi sampai ke Provinsi yakni ke PUPR Provinsi yang membidangi itu bahkan proposalnya sudah sampai ke BNPB Pusat.
 
"Namun di BPBD Rohul juga sudah berkoordinasi bahkan sudah dibuat proposal nya sesuai dengan Spek yang di rancang oleh Konsultan, Mudah-mudahan hal itu termasuk kedalam penganggaran tahun 2021, sebeb hal ini sangat penting sekali saat ini, pasalnya hanya tersisa 10 meter lagi, jika pembangunan terlambat maka jalan akan putus sebab jalan ini merupakan jalan lintas," terang Azhar.
 
Pada kesempatan itu, Bupati Rokanhulu H. Sukiman dalam sambutannya menyampaikan bahwa segala apa yang telah direncanakan oleh Kades Kepenuhan Timur dapat berjalan dengan baik demi perkembangan Bumdes.
 
"Seperti apa yang telah dipaparkan oleh Kades tadi berupa perencanaan bangunan Ruko dalam rangka pengembangan Bumdes, dari pada kita belanja diluar lebih baik kita belanja di tempat kita sendiri yakni Bumdes kita yang buka usaha dibidang Usaha penjualan alat bangunan, mungkin tahun depan menambah di bidang elektronik ataupun usaha yang cocok untuk masyarakat disini yang bisa membantu masyarakat kita," ungkap Sukiman.
 
Menanggapi apa yang menjadi harapan masyarakat berupa turap, Bupati Sukiman berharap bisa ditindak lanjuti, sebab hal ini tugasnya badan atau wilayah air yang mana sudah diajukan. Ia berharapa pada tahun 2021 bisa terealisasi.
 
Selain itu Bupati Sukiman juga berharap kepada masyarakat agar dapat menjaga Daerah Aliran Sungai (DAS), jangan sampai ditebangi karena akan mengikis tepian dan akan mempengaruhi pada jalan, oleh karena itu mari sama sama menjaga dan Pemkab Rohul akan berusaha untuk bagaimana bisa segera terealisasi.
 
Dipenghujung kegiatan acara Bupati didampingi Ketua TP-PKK Rokanhulu Secara langsung resmikan 2 Unit usaha Bumdesa Timur Makmur berupa Usaha Alat Bangunan dan Alat alat Saprodi Pertanian. (Diskominfo)

 

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR