Tanggal :

Bahas Kepulangan PMI dari Malaysia

Gubri Lakukan Vidcon dengan Kemenko PMK RI

Dibaca: 873 kali  Rabu, 08 April 2020 | 23:11:53 WIB
Gubri Lakukan Vidcon dengan Kemenko PMK RI
Ket Foto : Gubri melakukan Vidcon dengan Kemenko PMK RI

PEKANBARU - GETARPIJAR.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau hingga saat ini masih berupaya memulangkan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Malaysia. Hal ini dikarenakan terjadinya penyebaran wabah virus Corona atau Covid-19 yang menyebabkan Malaysia melakukan lockdown.


Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengatakan, hingga saat ini Riau masih menerima kepulangan PMI dari Malaysia. Hal ini sesuai dengan arahan dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia.


"Kita saat ini tidak hanya menampung kepulangan PMI dari Riau saja, namun juga menampung PMI dari Pulau Sumatera," ungkapnya saat melakukan Video Conference (Vidcon) bersama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia, di Gedung Daerah Balai Serindit, Rabu (08/04/2020).


Gubri mengungkapkan, Pemprov Riau saat ini masih membuka pelabuhan di Kota Dumai, pelabuhan di Kabupaten Bengkalis, dan pelabuhan di Kabupaten Kepulauan Meranti yang masih menerima kepulangan PMI dari Malaysia.


"Hingga saat ini kita masih menerima PMI yang cukup banyak, masalahnya adalah terjadinya lockdown di Malaysia yang menyulitkan kepulangan PMI," ungkapnya.


Selanjutnya, Syamsuar mengatakan, dari banyaknya PMI yang tertahan di Malaysia, masyarakat Riau masih sangat banyak. "PMI ini banyak memakai visa turis, sehingga ini yang menjadi masalah bagi kita," tutupnya. (Mcr/Gpc)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR