Tanggal :

Bupati Siak Alfedri Hadiri Acara Sosialisasi penyelesaian TORA

Dibaca: 907 kali  Senin, 13 Januari 2020 | 13:31:12 WIB

PEKANBARU - GETARPIJAR.COM - Bupati siak Alfedri menghadiri acara Sosialisasi Percepatan Penyelesaian Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA), di Provinsi Riau tahun 2020, menuju Pemerataan Ekonomi Riau yang Berkeadilan, yang dilaksanakan di Aula Balai Serindit Gubernuran.

Dalam acara ini dihadiri oleh Gubernur Riau Syamsuar, Kakanwil BPN Riau, Dandrem 031 Wirabima, Kajati, Danlanal, Danlanud, Kementian Hukum dan Ham, IPPAT, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (forkompimda) se-Provinsi Riau

Saat ditemui seusai acara, Bupati Siak Alfedri mengatakan bahwa Tanah Obyek Reforma Agraria Provinsi Riau mempunyai luas wilayah 9,2 juta hektare, hanya yang memilik APL 3,7 juta hektar, sehingga tidak sampai setengah untuk di sertifikatkan tanahnya.

"Dari luas yang terdaftar baru 1,4 juta bidang di Provinsi Riau, dari 12 kabupaten/Kota sehingga masih ada 62% lagi tanah yang belum terdaftar di seluruh Provinsi Riau", ucap Alfedri.
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, sambungnya, telah menargetkan sampai tahun 2024/2025 seluruh wilayah yang ada di Indonesia dari Sabang sampai Merauke, “tidak ada lagi satu jengkal tanah yang tidak di petakan, dan tidak ada lagi satu jengkal tanah yang tidak terdaftarkan.”

"Untuk menjawab hal itu Gubernur Riau menghimbau seluruh Pimpinam Daerah, untuk dapat mendukung secara penuh program ini dan sekaligus membantu sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), bekerja sama dengan BPN demi terwujudnya penyelesaian TORA ini", katanya Senin (13/1/2020).

Masih kata Alfedri, Adapun manfaat TORA : Memberikan kepastian hukum hak atas tanah, Mengurangi sengketa dan konflik pertanahan, Sumber data dan informasi dalam perencanaan pembangunan, eningkatkan PAD dari sektor pajak, Mengurangi ketimpangan struktur penguasaan dan pemilikan tanah, Pemerataan kesejahteraan rakyat, Memudahkan akses informasi pemetaan dan pendaftaran tanah. (Rls)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR