Tanggal :

Untuk Menanggulangi Karhutla

Wabup Jamiludin Berikan Sepeda Motor ke Datuk Penghulu

Dibaca: 15 kali  Senin,30 Desember 2019 | 13:13:11 WIB
Wabup Jamiludin Berikan Sepeda Motor ke Datuk Penghulu
Ket Foto : Wakil Bupati Rohil Drs Jamiluddin foto bersama usai menyerahkan secara simbolis kendaraan operasional untuk tangani masalah Karhutla

BAGANSIAPIAPI - GETARPIJAR.COM - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) menyerahkan bantuan kendaraan operasional sepeda motor untuk pencegahan dan penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kepada 20 Datuk Penghulu dan satu unit untuk Kodim 0321/Rohil, Senin (30/12/2019).

Kendaraan operasional tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Rohil Drs Jamiluddin, Wakil Ketua DPRD Rohil Basiran Nur Efendi serta Dandim 0321/Rohil Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi di halaman Makodim 0321/Rohil.

Wabup Rohil dalam sambutannya mengatakan, bantuan operasional sepeda motor ini merupakan kerja sama tiga pilar yakni, Kodim, Polri dan Pemda.

“Kita sepakat untuk menanggulangi Karhutla maka diberikan kendaraan operasional kepada para Penghulu,” katanya.

Tiga pilar ini, sebutnya, sangat penting untuk saling berkoordinasi dalam penanganan dan pencegahan terjadinya Karhutla di wilayah masing-masing.

“Kami berharap kepada Datuk Penghulu agar menggunakan dan memanfaatkan kendaraan operasional yang telah diberikan dengan baik dan senantiasa bersinergi, mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan hingga Kepenghuluan,” ujarnya.

Sementara itu, dalam sambutan Dandim menyebutkan, pihaknya hanya menjembatani Pemerintah Daerah dalam penyerahan bantuan operasional sepeda motor untuk upaya pencegahan Karhutla.

“Sebenarnya ini sudah tahap kedua, tahap pertama kemarin dilaksanakan di Mapolres, ada 74 unit dan hari ini 21 unit. Ini tahapan awal dari Pemda dalam komitmen pencegahan dan penanganan Karhutla,” katanya.

Tahap berikutnya juga akan ada penyerahan bantuan operasional ke instansi vertikal berupa mobil patroli dan motor trail.

“Kita harapkan tahun 2020 penanganan Karhutla lebih cepat dengan kehadiran motor dan mobil patroli,” paparnya.

Kedepan pihaknya juga akan terus melaksanakan sosialisasi berupa perubahan mindset kepada masyarakat terkait dengan pencegahan Karhutla.

“Jadi nanti ada program yang kami tawarkan, yakni penanaman tanpa bakar yang nanti kita bantu melalui tiga pilar di unsur desa, dari mulai penghulu, Babinsa dan Babinkamtibmas. Mereka akan bekerja sama di lapangan untuk membuat project-project demplot yang disiapkan oleh masing-masing wilayah,” ucapanya. (Anc/Gpc)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR