Tanggal :

Pada Serangkaian Acara Imlek 2574 Beberapa Organisasi Ikut Berpartisipasi termasuk Organisasi Ikatan

Dibaca: 324 kali  Jumat, 27 Januari 2023 | 13:10:53 WIB
Pada Serangkaian Acara Imlek 2574 Beberapa Organisasi Ikut Berpartisipasi termasuk Organisasi Ikatan
Ket Foto :

Meranti - Suasana tahun baru Imlek 2574 di Kabupaten Kepulauan Meranti, dari sejak tgl 22/01/2023 sampai sekarang berlangsung meriah, kota Selatpanjang pada malam hari terlihat sangat indah, setiap rumah, tempat ibadah masyarakat Tionghoa dan jalan dihiasi dengan lampu lampion berbagai bentuk, pernak pernik lampu lampion mayoritas berwarna merah dan keemasan.

Selain itu kemeriahan Imlek dimeranti ada sedikit beda dengan kota lain, dimeranti ada istilah Cian Cui atau perang air, yang diminati oleh masyarakat tiong hoa  dari anak anak muda sampai yang paruh baya.

Pada acara Cian Cui atau perang air ini sangat menguntungkan bagi saudara kita yang berprofesi pembawa beca, mereka bisa mengumpul pundi pundi uang 5x lipat dari hari biasanya, dengan membawa penumpang masyarakat Tionghoa, baik berkeliling kota Selatpanjang maupun yang ikut perang air tutur amat kepada media ini.

Seperti halnya hari ini Kamis 26/01/2023 malam yang terpantau oleh awak media dihalaman Vihara Sejahtera Sakti, acara sembahyang dengan diiringi seni Barongsai.

Untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan di seputaran tempat ibadah masyarakat tionghoa selain terlihat dijaga pihak kepolisian, juga ada beberapa Organisasi kemasyarakatan yang ikut berpartisipasi.

Salah satunya organisasi Ikatan Koordinasi Pemuda Bangkinang ( Ikopeb ), Mihrab bidang humas Ikopeb mengatakan kepada  media ini,  ia menurunkan 10 orang anggota, dalam rangka berpartisipasi untuk ketertiban dan kenyamanan teman kita masyarakat tionghoa dalam acara sembahyang disertai baronsai ini, tutupnya .(Mihrab.P)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR