Tanggal :

Pemkab Rohul Quattrick Raih WTP, Sekda DorongOPD Tata Kelola Laporan Keuangan Menggunakan Teknologi

Dibaca: 697 kali  Rabu, 01 Juli 2020 | 18:32:45 WIB
Pemkab Rohul Quattrick Raih WTP, Sekda DorongOPD Tata Kelola Laporan Keuangan Menggunakan Teknologi
Ket Foto :

GETARPIJAR.COM- Pencapaian membanggakan kembali diukir Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) dibawah kepemimpinan Bupati Rohul H. Sukiman, seperti pada Senin (29/6/2020) Pemkab Rohul kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Riau.

Bahkan Untuk ke 4 (empat) kalinya atau quatrick Pemkab Rohul mampu mempersembahkan prestasi meraih Opini WTP atas keberhasilan pengelolaan keuangan daerah yang diberikan BPK RI Perwakilan Provinsi Riau, yang diterima langsung Bupati Rohul H. Sukiman yang diwakili Sekda Rohul H. Abdul Haris S.Sos M. Si bersama Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra ST.

Penerimaan Penghargaan di bidang keuangan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI untuk Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan tahun 2019, yang digelar di Aula BPK RI perwakilan Propinsi Riau, Pekanbaru, Senin (28/6/2020) kemarin.

Kepala BPK Perwakilan Provinsi Riau T. Ipoeng Andjar Warsito, dalam sambutannya mengatakan, bahwa penilaian suatu daerah memperoleh WTP, berdasarkan pada Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas laporan keuangan 2019 menunjukkan komitmen dan upaya nyata DPRD dan Managemen Pemerintah Daerah untuk terus mendorong perbaikan dalam pengelolaan keuangan.

Lanjut T. Ipoeng WTP merupakan pernyataan profesional dari pemeriksa, tentang kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan yang didasarkan pada empat kriteria, yaitu kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, Kecukupan pengungkapan, Kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan Efektivitas pengendalian internal.

Sementara itu, Bupati Rokan Hulu H. Sukiman melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si mengatakan bahwa Raihan opini WTP ini merupakan cerminan tata kelola keuangan Pemkab Rohul yang akuntabel dan transparan.

Lanjut Sekda, penghargaan ini merupakan prestasi bersama, sehingga Pemda Rohul mampu mempertahankan opini WTP dari BPK RI perwakilan Provinsi Riau untuk ke empat kali nya (quadtrik). Karena seluruh anggaran telah dipergunakan dengan sebaik-baiknya dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Ini merupakan bentuk hasil kerja keras kita semua. Untuk itu saya menyampaikan terimakasih kepada seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah), yang telah bekerja sesuai ketentuan dan dapat menyusun laporan keuangan dengan baik, sehingga WTP yang ke 4 ini, dapat kita peroleh," kata Sekda.

“WTP ini bukan sekedar penghargaan tetapi juga sebagai bukti konkrit bahwa Pemda Rohul sudah mengelola anggaran ini dengan baik dan dipertanggungjawabkan dengan baik dan benar,” tambahnya.

Abdul Haris berharap, OPD kedepannya dapat memanfaatkan sitem Teknologi informasi dalam menyusun laporan keuangan, sehingga opini WTP tahun-tahun berikutnya dapat diraih dan dipertahankan.

"Dengan diperolehnya opini WTP ini, tidak membuat kita terlalu jumawa, melainkan diharapkan dapat memberikan kontribusi besar bagi kinerja kita kedepan dalam meningkatkan kualitas kerja sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan pimpinan, dengan landasan dan pedoman sesuai ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku," ujarnya.

Kemudian, Ketua DPRD Rokan Hulu Novliwanda Adeputra, ST dalam sambutannya pada acara tersebut mengatakan bahwa, pemberian opini WTP kepada Kabupaten Rokan Hulu, dapat diartikan dalam menjalankan prinsip akuntansi yang benar dalam menjalankan roda Pemerintahan.

"Sehingga opini WTP dari BPK RI ini dapat di jadikan pelecut semangat pemerintah untuk lebih baik lagi dimasa yang akan datang," harap Novliwanda Politisi Partai Gerindra itu melanjutkan, sebagai Ketua DPRD Rokan Hulu, Ia berharap kedepan seluruh tugas dan wewenang yang begitu besar melekat pada BPK sebagai institusi resmi pemeriksaan pemerintah secara independen, objektif dan profesional, terus dapat memberikan perbaikan terhadap Tata Kelola Pemerintah, khususnya Kabupaten Rokan Hulu, dimasa yang akan datang, demi kesejahteraan masyarakat Rohul. (MCRohul/MV)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR