Tanggal :

Masuk Top 5 Kabupaten/Kota Dengan Insiden Kasus Terendah,Presiden Jokowi Apresiasi Bupati Rokan Hulu

Dibaca: 766 kali  Senin, 29 Juni 2020 | 18:24:46 WIB
Masuk Top 5 Kabupaten/Kota Dengan Insiden Kasus Terendah,Presiden Jokowi Apresiasi Bupati Rokan Hulu
Ket Foto :

JAKARTA-Kerja keras tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTP2) COVID 19 bersama masyarakat,Presiden Republik Indonesia (RI) Jokowidodo, mengumumkan Rokan Hulu (Rohul)masuk  dalam daerah Top 5 kabupaten/kota dengan  insiden kasus terendah dan 38 Kepala Daerah  yang berhasil menekan kasus baru dan tidak ada yang meninggal akibat Covid-19 di daerahnya secara Nasional (Indoensia).

Demikian siaran pers  langsung  Presiden  RI Jokowidodo, di dampingi 2 orang ahli , yaitu Prof. Drh. Wiku Bakti Bawono Adisasmito, M. Sc. Ph.D. Guru besar kesehatan masyarakat UI (ahli yang menekuni Kebijakan Kesehatan, sistem kesehatan penanggulangan penyakit infeksi) dan Dr. Dewi Nur Aisyah, M. Sc. DIC. (Ahli epidimologi dan pakar informasi penyakit menular) di Istana Negara,Jakarta (24/06/2020).

Dalam keterangan persnya, Presiden menyampaikan apresiasi dan penghargaannya atas keberhasilan pimpinan daerah dalam menaggulangi Covid-19, menekan kasus baru dan tidak ada pasien covid-19 yang meninggal di daerahnya.

Presiden mengaskan, penilaian ini diperoleh dari adanya "Sistem Informasi Terintegrasi", dengan tagar "Bersatu Melawan Civid-19", yang membuat data-data yang berhubungan dengan penanggulangan Covid-19 mempunyai satu alur data dan terkoneksi dari daerah sampai ke Pusat.

Presiden melanjutkan, dengan sistem informasi terintegrasi, bersatu melawan vovid-19, ini juga dapat memantau perkembangan setiap wilayah, apakah mengalami perubahan status dari hijau ke kuning, ke orenge sampai ke Merah, atau wilayah mengalami penurunan dari Merah ke Orange, ke kuning sampai ke hijau. Karena analisis dan penelitian yang dilaksanakan oleh para ahli dalam rangka penerapan kebijakan dan kemajuan suatu program berdasarakan data-data yang dihimpun dan dianalisa dari tingkat yang paling bawah." Jokowi juga menegaskan, bahwa Kebijakan selalu berdasarkan data dan pendapat para ahli pengetahuan", termasuk daerah yang mau masuk ke New Normal, juga berdasarkan data.

Pada saat konfrensi Per, Presiden memberikan kesempatan kepada  Prof. Drh. Wiku Bakti Bawono Adisasmito, M. Sc. Phd. Untuk memaparkan hasil kajian nya, Wisnu menyampaikan antara lain, bahwa: Bagian yang penting adalah daerah tertentu di Indonesia, mampu meredam Covid-19 di daerahnya.

Wisnu melanjutkan, ada 38 daerah di Indonesia masuk kategori, yang  antara lain untuk Provinsi Riau, termasuk Rokan Hulu, bersama Indragiri Hulu, Siak, Kampar, Dumai dan Pelalawan yang di nilai sebagai suatu keberhasilan bagi pimpinan daerahnya, dalam menanggulangi Covid-19.

Sementara pada saat di beri kesempatan kepada  Dr. Dewi Nur Aisyah, M. Sc. DIC.(Ahli epidimologi dan pakar informasi penyakit menular) dalam pemaparanya mengatakan, bahwa: ada 5 daerah di Indonesia yang mempunyai kasus terendah, meskipun sudah terdampak atau Top 5 kabupaten/kota dengan insiden terendah di Indoensia, dimana Rokan Hulu, masuk di dalam nya, sekaligus satu-satunya kabupaten/kota di Provinsi Riau bersama 4 kabupaten/kota di Provinsi lain nya, yaitu:  Tegal (Jawa tengah), Blora (Jawa Tengah), Lebak (Banten), Aceh Utara (Aceh) dan Rokan Hulu (Riau), dengan menggunakan 15 indikator yang telah ditetapkan, meliputi, 11 idikator epidimologi,  2 idikator Surveilens dan 2 indikator kesehatan masyarakat.

Bupati Rokan Hulu ketika di konfirmasi, mengatakan Bangga dan berterimakasih kepada semua pihak, Forkopimda, OPD, Polri dan TNI,  Camat, Kepala Desa, BPD, Kadus RW dan RT, kemudian RSUD, dokter, bidan dan petugas kesehatan, para media dan petugas lainya  di bidang kesehatan, tokoh maayarakat, ulama, Adat, pemuda dan mahasiswa serta kaum wanita dan para awak media massa beserta Jurnalistiknya sampai kepada masyarakat umumnya yang tdiak dapat di rinci satu persatu, ini adalah kerja keras, keseriusan, kepedulian dan keberhasilan kita bersama. Bukti kerja dan kekompakan ini perlu kita jaga untuk menuju Rokan Hulu lebih maju.(MC/Diskominfo/MV.

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR