Tanggal :

Sisanya Masih Proses

115 Kampung di Siak Sudah Cairkan BLT-DK

Dibaca: 145 kali  Selasa,19 Mei 2020 | 21:51:30 WIB
115 Kampung di Siak Sudah Cairkan BLT-DK
Ket Foto : Pejabat (Pj) Sekda Siak, Jamaluddin

SIAK - GETARPIJAR.COM - Pemerintah Kabupaten Siak, Riau memastikan, penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) dari dana kampung sudah berjalan.


Pejabat (Pj) Sekda Siak, Jamaluddin menyebut, dari total 122 kampung di Kabupaten Siak, pemerintah kampung yang sudah mencairkan duit itu sebanyak 115 kampung.


"Pencarian akan terus berjalan bagi kampung yang belum mencairkan dana itu. Jumlah KK yang sudah menerima BLT-DK di Siak sebanyak 15.634 KK. Dan Alhamdulillah-nya, tidak ada kendala dalam setiap proses pencairan sehingga masyarakat dapat merasakannya langsung," kata Jamaluddin Selasa (19/5/2020).


Tidak hanya bantuan itu, setelah mengikuti kebijakan Pemprov Riau harus melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), bantuan lain terus mengalir ke daerah berjuluk 'Negeri Istana' tersebut.


Misalnya, bantuan dari pihak ketiga, baik dari perusahaan swasta, BUMD, BUMN dan organisasi masyarakat yang peduli terhadap penanganan Covid-19 di Kabupaten Siak.


Jamal mengatakan, bantuan dari pihak ketiga tadi awalnya diberikan kepada pasien dalam pengawas (PDP) yang isolasi mandiri selama 14 hari di rumah.


"Karena awalnya kita belum ada sumber dana untuk memberikan bantuan itu, maka bantuan dari pihak ketiga tadi lah yang diberikan kepada PDP di Siak," kata Jamal.


Bahkan, sangking banyaknya memberikan bantuan, tidak hanya untuk PDP, masyarakat yang terdampak secara ekonomi Covid-19 juga kita berikan.


"Kalau sekarang kan sudah mulai cair bantuan dari Pemkab maupun pusat. Seperti BLT-DK tadi yang diberikan Rp600 ribu per KK, BLT Kemensos Rp600 ribu dan PKH sekitar Rp700-800 ribu per KK. Lalu, kita juga memberikan bantuan berupa sembako sebanyak 200.000 paket dengan jumlah penerima 16850 KK, dan sudah disalurkan ke semua kecamatan," kata Jamal.


Hingga saat ini, lanjut Jamal, bantuan keuangan dari Pemprov Riau kepada daerah yang melaksanakan PSBB  yang belum dapat.


"Bantuan itu senilai Rp300 ribu/KK. Namun yang diberikan kepada penerima bukan berbentuk duit. Tadinya ingin di top up dengan bantuan sembako dari Pemkab Siak. Namun, karena bantuan dari Pemprov Riau tadi masih tahap pencairan. Maka, bantuan sembako dari kita yang  dibagikan dulu, nanti kalau sudah cair bantuan Pemprov tadi, baru dibagikan kepada penerima yang sama dengan bantuan sembako Pemkab Siak," terang Jamal. (Kkc/Gpc)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR