Tanggal :

Gubri Apresiasi Relawan Peduli Covid-19 Donor Darah Capai 1.406 Kantong

Dibaca: 874 kali  Senin, 18 Mei 2020 | 02:52:05 WIB
Gubri Apresiasi Relawan Peduli Covid-19 Donor Darah Capai 1.406 Kantong
Ket Foto : Gubernur Riau, Syamsuar apresiasi relawan.

PEKANBARU - GETARPIJAR.COM - Gubernur Riau, Syamsuar, mengapresiasi relawan peduli Covid-19 Riau, yang telah ikut berpartisipasi membantu pemerintah Provinsi Riau, dalam menangani dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Selain ikut membagikan Alat Pelindung Diri (APD), handsanitizer dan Sembako, relawan Covid-19 juga ikut memprakasai 1.000 donor darah untuk kemanusiaan.


“Saya mengapresiasi relawan peduli covid-19, yang punya rasa simpati dan empati terhadap masyarakat Riau. Relawan peduli mendapatkan kantong darah 1.000 kantong, saya menyaksikan langsung donor darah tersebut,” ujar Gubri, Syamsuar.


“Ditengah suasana seperti ini timbul suasana gotong royong, untuk ikut membantu masyarakat dalam memutus mata rantai covid-19, tentunya butuh persahabatan dan kawan, bersama menyelesaikan kasus pandemi ini,” ungkap Gubri.


Sementara itu, ketua panitia relawan Covid-19, Dirmanto, bersama penggagas 1.000 donor darah, Toni, mengatkaan, diluar dugaan pihaknya berhasil mengumpulkan 1.406 kantong darah, untuk disumbangkan ke Palang Merah Indonesia (PMI) Pekanbaru. Awalnya relawan menargetkan sebanyak 1.000 kantong darah selama lima hari, dan diluar dugaan antusias masyarakat begitu tinggi untuk ikut mendonor.


Dirmanto, menjelaskan, pihaknya bersama PMI tidak menyangka membludaknya pendonor yang datang ikut menyumbangkan darahnya, di tengah masa pandemi Covid-19 dan bukan suci Ramadhan. Bahkan ada satu rekor dalam satu hari jumlah kantong darah yang diterima sebanyak 600 pendonor.


“Awalnya kami dari relawan peduli covid-19 berupa bantuan APD dan sembako kepada warga Terdampak covid-19. Namun setelah ada permintaan PMI mengajak relawan untuk mengadakan donor darah. Dan kami sebenarnya sangat Pesimsis dimana dilaksanakan dalam suasana covid-19 dan Ramadhan,” jelas Toni, di dampingi ketua panitia relawan peduli covid-19, Dirmanto.


“Dan diluar dugaan pendonor darah mencapai 1.406 dari target 1.000 donor darah. Dimana Hari pertama 309 kantong darah, hari kedua 494 kantong darah dan hari ketiga berhasil mengumpulkan 603 kantong darah, tiga hari berlalu 1.406 kantong dan ini luar biasa,” tambahnya.


Dijelaskannya tingginya antusias masyarakat untuk ikut mendonorkan darah, pihaknya menambah dua hari lagi untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk ikut mendonor. Dimana awalnya donor darah dil dibuka hingga tanggal 18 Mei, diperpanjang hingga 20 Mei, di Hotel Furaya Pekanbaru. Para pendonor juga diwajibkan mengikuti protokol kesehatan Covid-19.


“Kami merencanakan akan menambah lagi menjadi 7 hari untuk donor darah, awalnya sampai tanggal 18 sampai 20 Mei sekarang. Ini bukan jumlah kantong darahnya tapi misi utama  kaki, bisa membantu PMI untuk ketersediaan darah stok darah di Pekanbaru. Dimana Kebutuhan darah 5000 sampai 8000 kantong sebulannya.

 

Bayangkan saja pihak PMI baru pertama kali menerima pendonor hingga 603 orang dan ini memecah rekor pendonor di PMI Pekanbaru,” ungkapnya. (Mcr/Gpc)

 

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR