Tanggal :

Diserahkan Wabup

Diskan Rohil Berikan Bantuan kepada Nelayan

Dibaca: 900 kali  Sabtu, 16 Mei 2020 | 01:59:52 WIB
Diskan Rohil Berikan Bantuan kepada Nelayan
Ket Foto : Wakil bupati Rohil Drs H.Jamiludin bersama Kadiskam Rohil Muhammad Amin foto bersama di kantor Dinas Perikanan Jalan Pesisir Sungai Rokan Komplek Perkantoran Batu Enam Bagansiapiapi.

BAGANSIAPIAPI - GETARPIJAR.COM - Dinas Perikanan Rokan Hilir (Rohil) memberikan sejumlah bantuan kepada kelompok nelayan yang gunanya untuk menunjang roda perekonomian nelayan sehingga meningkatkan kesejahteraan nelayan.


Bantuan tersebut diserahkan oleh wakil bupati Rohil Drs H.Jamiludin bersama Kadiskam Rohil Muhammad Amin di kantor Dinas Perikanan Jalan Pesisir Sungai Rokan Komplek Perkantoran Batu Enam Bagansiapiapi, Jumat (15/05/2020).


Bantuan tersebut diantaranya sebanyak 64 unit cool box yang  diberikan kepada kelompok nelayan yang gunanya menjaga kualitas ikan tangkapan dilaut.  "Jadi kalau nelayan menangkap ikan kalau tidak di es dalam cool box maka ikan akan cepat busuk,"ujarnya


Jadi jika hasil tangkapan ikan dimasukkan kedalam cool box dengan es maka mutu ikan dapat di jaga baik. Kemudian bantuan mesin 16 Hp sebanyak  20 unit untuk 20 kelompok dengan 20 anggota. Bantuan mesin ini bertujuan untuk mengganti mesin-mesin yang sudah tua atau usang.


"Untuk mengganti Mesin lama yang susah untuk di fungsikan. Bantuan inj agar para nelayan bisa menangkap ikan lebih jauh ke tengah laut. Tujuan akhirnya adalah untuk kesejahteraan nelayan,"tuturnya.


Dengan adanya bantuan dari pemerintah Rohil melalui dinas perikanan ini, agar roda perekonomian nelayan dimasa pandemi Covid 19 ini bisa bergairah kembali.


Kemudian itu juga bantuan mesin 7 HP untuk kapal nelayan yang ukurannya lebih kecil. Pada prinsipnya sama dengan bantuan mesin 16 Hp.


Dijelaskannya, bahwa yang menerima bantuan ini merupakan para nelayan dengan berdasarkan survey oleh PPTK ke lapangan kemudian kepala cabang dan penyuluhnya sudah teridentifikasi bahwa mereka yang menerima bantuan adalah para nelayan.


"Jika perilaku para nelayan setelah menerima bantuan ini kita tidak bisa memantaunya. Tetapi himbauan kita jika sudah menerima bantuan ini karena mereka layak untuk menerimanya maka segeralah gunakan bantuan tersebut guna menghidupkan perekonomiannya,"pungkasnya. (Rlc/Gpc)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR