Tanggal :

Vidcon Bersama Sekda Provinsi Riau

Abdul Haris Berharap Arahan Terkait Penyaluran Bantuan Kepada Masyarakat

Dibaca: 839 kali  Kamis, 14 Mei 2020 | 14:27:27 WIB
Abdul Haris Berharap Arahan Terkait Penyaluran Bantuan Kepada Masyarakat
Ket Foto : Vidcon bersama Sekda Prov. Riau ini Sekda Rohul H. Abdul Haris didampingi Asisten I Muhammad Zaki, Asisten II Ir. M. Ruslan, dan Kadis Sosial Sri Mulyati.

PASIR PANGARAIAN - GETARPIJAR.COM - Melanjuti Pembahasan tentang bantuan dari Provinsi terhadap penanganan penyebaran Covid-19, baik dari bantuan BSP dan PKH yang di berikan Top Up oleh Provinsi ke Daerah termasuk Rokan Hulu (Rohul).


Sekda Prov. Riau Yan Prana kembali melaksanakan Vidcon bersama Sekda Kab/Kota se-Prov.Riau, Rabu kemarin sekitar pukul 11.00 WIB.


Dalam Vidcon bersama Sekda Prov. Riau ini Sekda Rohul H. Abdul Haris didampingi Asisten I Muhammad Zaki, Asisten II Ir. M. Ruslan, dan Kadis Sosial Sri Mulyati.


Disaat Vidcon bersama Sekda Kab/Kota yang di pandu Sekda Prov.Riau Yan Prana, Sekretaris Daerah Rokan Hulu H. Abdul Haris menyampaikan laporannya sesuai dengan usulan yang telah di sampaikan untuk bantuan jaringan pengaman sosial dari Prov. Riau yang mana untuk TopUp PKH sebanyak 738 KK dan BSP sebanyak 6.516 KK serta bantuan bagi masyarakat yang terdampak Covid -19 diluar dari data DTKS ataupun Non DTKS berjumlah 4.518 KK yang mana sudah dipersiapkan di Rokan Hulu untuk memenuhi sembako selama 3 bulan dari Mei sampai Juli.


Haris Berharap kepada Pemerintah Provinsi yang mana bantuan tersebut sudah ditunggu oleh masyarakat yang mana sangat diharapkan agar segera di lakukan oleh Pemkab dan meminta arahan Provinsi atas apa yang bisa segera dilakukan untuk merealisasikannya.


"Sedangkan melalui Dana Desa sudah dipersiapkan bantuan langsung tunai (BLT) Dari Dana Desa, yang mana di Rokan Hulu terdapat jumlah Desa sebanyak 139 Desa, serta Hal ini sudah dilakukan perubahan APBDes oleh 53 Desa dengan jumlah keluarga yang di bantu sebanyak 6.634 KK," ujar Haris.


Sekda Rohul juga menyampaikan kepada Sekda Prov. Riau bahwa melihat kondisi masyarakat terdampak khususnya di Desa yang ada di Rokan Hulu saat ini menunggu bantuan tersebut,


"Melalui hal ini kami sangat berharap arahan bagaimana metode kami untuk pembagiannya dan bagaimana Penyampaiannya kepada masyarakat, apakah Kabupaten membagi dalam sembako dan Provinsi Bantuan tunai atau seperti apa baiknya? hal ini disebabkan bahwa saat ini seluruh masyarakat merasakan terdampak, sedangkan kita hanya mempersiapkan bantuan terdampak sesuai data yang sudah diberikan Pemerintah Desa," ungkapnya.


Dalam hal ini juga Abdul Haris menyampaikan kepada Sekda Prov. Riau bahwa saat ini Rokan Hulu mengalami kondisi keuangan yang sangat berat dengan adanya pengurangan transfer Pusat ke Daerah sebesar 242 Milyar sehingga pada Rekopusing tersebut Rokan Hulu baru mencapai 23.6 % sesuai dengan surat keputusan bersama Mendagri dan Menkeu yang seharusnya mecapai 35 %.


Sementara itu Sekda Prov. Riau Yan Prana menyampaikan agar hal tersebut di Fokuskan dan untuk saat ini diprioritaskan terlebih dahulu agar BHU nya bisa cepat berjalan.


Yan Prana juga berharap kepada Pemerintah Rohul agar segera memperifikasi PKH murni, BSP murni serta Non DTKS murni agar datanya segera di tanda tangani dan di berikan kepada Provinsi agat segera di realisasikan. (Diskominfo)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR