Tanggal :

Tiga Orang Klaster Magetan di Pelalawan Reaktif Rapid Test Covid-19

Dibaca: 833 kali  Ahad, 10 Mei 2020 | 22:01:07 WIB
Tiga Orang Klaster Magetan di Pelalawan Reaktif Rapid Test Covid-19
Ket Foto : Hasil Rapid Test warga Pelalawan dari kluster Ponpes Magetan

PELALAWAN - GETARPIJAR.COM - Setelah dua orang terkonfirmasi positif terjangkit virus corona, Sabtu kemarin, warga Kabupaten Pelalawan, Riau yang masuk dalam Klaster Pondok Pesantren Magetan kembali jadi sorotan tim medis.


Pasalnya, tiga orang diantara Klaster Magetan di Pelalawan dinyatakan reaktif saat menjalani rapid test Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) pada Sabtu malam lalu. Ketiga warga yang positif saat test cepat itu tinggal daerah Kecamatan Bandar Petalang, berdasarkan tracing contact yang dilakukan Dinas Kesehatan (Dikes).


"Ketiganya merupakan santri dari Ponpes Tamboro Kabupaten Magetan Jawa Timur. Ini termasuk dalam Klaster Magetan juga," ungkap Kepala Diskes Pelalawan, H Asril M.Kes, kepada awak media, Minggu (10/5/2020).


Asril menyebutkan, ada tujuh warga yang berkaitan dengan Klaster Magetan di daerah Bandar Petalangan. Masyarakat yang terindikasi Covid-19 itu tersebar di beberapa desa mulai dari Sialang Godang hingga Desa Angkasa. Tim surveylan dan petugas Puskemas melakukan rapid test, hingga didapati ketiganya reaktif Covid-19.


Tim langsung membawa ketiga santri itu ke rumah sakit di Pangkalan Kerinci untuk menjalani perawatan dan pengobatan. Mereka dimasukan dalam ruang isolasi sekaligus pengambilan sampel cairan hidung dan muluk untuk kepentingan pemeriksaan swab di laboratorium. Status ketiganya menjadi Pasien Dibawah Pengawasan (PDP).


"Alat rapid test kita memeriks plasma darah. Akurasinya cukup tinggi. Makanya untuk mengantisipasi hal-hal buruk, langsung kita baw aja untuk isolasi," beber Asril.


Juru bicara tim gugus tugas penanggulangan Covid-19 Pelalawan ini menyebutkan, ada tujuh penambahan PDP di Pelalawan. Selain tiga santri yang reaktif itu, ada tiga warga Pelalawan yang dirawat di rumah sakit di Kota Pekanbaru yang dijadikan PDP oleh tim gugus tugas d Kota Bertuah. Ditambah satu lagi warga asal Sorek yang masuk rumah sakit dengan keluhan mengarah ke Covid-19. (Tbn/Gpc)

 

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR