Tanggal :

Bupati Pelalawan Serahkan Sertifikat Benih Pada Para Penangkar

Dibaca: 933 kali  Rabu, 06 Mei 2020 | 21:55:27 WIB
Bupati Pelalawan Serahkan Sertifikat Benih Pada Para Penangkar
Ket Foto : Bupati Pelalawan HM Harris didampingi anggota DPRD Pelalawan Baharudin saat menyerahkan sertifikat pada petani penangkar binaan PT RAPP.

PELALAWAN - GETARPIJAR.COM - Guna memperoleh bibit buah yang baik, lima penangkar bibit buah yang ada di Kabupaten Pelalawan diberi sertifikat oleh Bupati Pelalawan. Pemberian sertifikat penangkaran ini merupakan bentuk harapan dari orang nomor satu di kabupaten Pelalawan ini agar ke depannya para penangkar mampu menghasilkan bibit-bibit buah yang bersertifikat.


Hal ini terungkap saat Bupati Pelalawan, HM Harris, menyampaikan kata sambutanya usai pemberian sertifikat bagi kelima penangkar di Kabupaten Pelalawan, yang diserahkan di Auditorium Lantai 3 Kantor Bupati Pelalawan, Rabu (6/5/2020).


Menurutnya, dia mengharapkan agar sertifikasi ini dapat menjadikan para petani memperoleh bibit-bibit buah yang lebih baik lagi. "Saya juga sampaikan terima kasih kepada dua kelompok tani yang merupakan binaan PT RAPP. Saya harapkan terus berkoordinasi agar program ini dapat berjalan dengan maksimal," tandasnya.


Kabid Horti Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura, Syofyan Sah, SP MMA, dikonirmasi soal kegiatan ini menjelaskan bahwa target pemberian sertifikat ini adalah guna menghasilkan bibit yang berkualitas. Soalnya, jika bicara tanaman maka tidak hanya sekedar tumbuh saja tapi juga ia harus berbuah.


"Dari situ, saya bersama Kepala UPTD Plasma Nutfah mulai terpikir untuk membentuk kelompok-kelompok tani yang terbentuk di tahun 2019 dan tadi yang dibagikan Pak Bupati adalah sertifikatnya yang sudah keluar. Target kami, tahun 2021 nanti Pelalawan sudah mampu menghasilkan bibit buah yang bersertifikat atau kualitasnya sudah terjamin," katanya.


Dikatakannya, jika tak ada aral melintang dalam APBP Perubahan nanti maka pihaknya akan melakukan pengadaan batang induknya untuk jeruk. Saat ini, memang pihaknya masih fokus ke benih durian dan alpukat tapi rencananya tahun depan akan dikembangkan ke jeruk.


"Pak Bupati juga tadi berharap agar kita terus mencari pasar, karena tiap tahun akan ada terus pengadaan benih. Nantinya, Pemda juga membeli bibit-bibit dari para penangkar ini. Tak hanya itu, kita juga mengharapkan PT RAPP bisa menjadi salah satu pendukung untuk menyiapkan, apakah lapak atau apa namanya jelang bibit petani ini siap," tukasnya. (Hrc/Gpc)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR