Tanggal :

Omset Sektor Usaha di Siak Menurun Saat Pandemi Covid-19

Diperkirakan Penerimaan Pajak Daerah tak Capai Target

Dibaca: 855 kali  Senin, 04 Mei 2020 | 22:08:39 WIB
Diperkirakan Penerimaan Pajak Daerah tak Capai Target
Ket Foto : Omset Sektor Usaha di Siak Menurun Saat Pandemi Covid-19

SIAK - GETARPIJAR.COM - Penerimaan pajak daerah Kabupaten Siak pada triwulan I tahun  2020 tidak mencapai target di hampir semua sektor. Hal itu diakibatkan sektor usaha yang menjadi objek pajak mengalami penurunan pendapatan di tengah wabah Virus Corona.


Target pencapaian pajak hingga 30 April 2020 Kabupaten Siak untuk semua jenis pajak  sebesar Rp 106 miliar lebih. Realisasinya hanya sebesar Rp.29 miliar lebih atau 27,68 persen.


Sektor pajak yang paling dominan mengalami penurunan sampai 30 April 2020 yakni pajak hotel. Targetnya sebesar Rp.725 juta namun yang hanya  terealisasi Rp.82 juta lebih atau 11,39 persen.


Kemudian pajak restoran  dari target Rp.4,2 miliar lebih terealisasi hanya Rp.1 miliar lebih atau 25,58 persen. Selain itu juga pajak dari sektor hiburan yang semula ditargetkan Rp 175 juta namun terealisasi Rp.60 juta lebih atau sebesar 34,61 persen.


Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Siak Syahruddin menyampaikan pendapatan  pajak daerah sampai akhir April  tidak mencapai target. Karena hampir semua usaha di Kabupaten Siak lesu akibat pandemi Covid 19.


Pencapaian target dari Januari-  30 April 2020 untuk seluruh jenis pajak dengan realisasi sebesar Rp 29 miliar lebih 27,68  persen dari target pajak sebesar Rp.106 miliar lebih.


"Kalau dilihat secara umum kondisi saat ini mungkin target pajak daerah tak tercapai. Penurunan pendapatan hampir pada semua jenis pajak yang ada di Kabupaten Siak," kata Syahruddin.


Ia melanjutkan, beberapa pengelola hotel mengakui mengalami penurunan jumlah tamu yang menginap. Ditambah lagi adanya kebijakan pemerintah agar masyarakat menghindari penularan virus corona dengan melakukan isolasi di rumah.


Selain itu, sejumlah restoran maupun tempat hiburan di Kota Siak juga mengalami hal yang sama. "Kita berharap virus Corona ini cepat pergi dari daerah kita ini. Supaya aktivitas masyarakat kembali normal dan sektor perekonomian semakin membaik," kata dia. (Tbn/GPc)

 

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR