Tanggal :

Setiap yang Masuk Diperiksa

Lurah Kota Lama Bangun Posko Relawan Cegah Covid-19

Dibaca: 794 kali  Sabtu, 02 Mei 2020 | 14:33:54 WIB
Lurah Kota Lama Bangun Posko Relawan Cegah Covid-19
Ket Foto : Lurah Kota Lama Aly Yusuf ikut memeriksa warga yang akan masuk ke Kelurahan bersama petugas gabungan di pos relawan Kelurahan Kota Lama Cegah Penularan Covid-19.

KUNTO DARUSSALAM - GETARPIJAR.COM - Upaya pencegahan dan lindungi masyarakat dari penyebaran Covid - 19, Lurah Kota Lama Kecamatan Kunto Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), bangun dan aktifkan posko relawan Kelurahan Kota Lama.


Posko diaktifkan dengan inisiatif dan dana swadaya Lurah Kota Lama Aly Yusuf.S.Sos. Tahap awal akan dibuka untuk 14 hari dengan melibatkan tim gabungan, dari petugas Kesehatan UPTD Puskesmas Kunto Darussalam 1, bidan desa, Bhabinkamtibmas, Babinsa Koramil 10/Kunto Darussalam, termasuk perangkat desa RT dan RW.


"Pos kita dirikan di batas Kecamatan Kunto Darussalam dengan Pagaran Tapah Darussalam sejak Jumat kemarin di Kampung Pencadang Kelurahan Kota Lama. Kita akan evaluasi kinerja selama 7 hari apakah posko itu nantinya efektif atau tidak. Namun dengan adanya pos relawan, kita harapkan tidak ada penyebaran Covid-19 di daerah kita," harap Lurah Aly Yusuf disampingi Bhabin kamtibmas Bripka Rido Madona, Sabtu (2/5/2020).


Petugas di posko ucap Aly, dilengkapi APD termasuk alat pengukur suhu badan. Dan setiap warga yang masuk ke Kelurahan Kota Lama wajib diperiksa suhu badannya, juga didata asal kedatangan dan kepentingannya datang ke Kota Lama.


Petugas yang bertugas, nantinya bergantian dua shif. Shif pertama jadwal posko dimulai pukul 08.00 hingga 12.30 WIB lalu dilanjutkan, kemudian shif kedua pukul 12.30 sampai 17.00 WIB dengan menyiagan 5 petugas per shifnya.


"Fokus kita, dengan memeriksa warga datang dari luar Rohul ke Lurah Kota Lama. Apalagi di daerah kita sekitar 50 persen berasal dari luar Riau yang bekerja dan sudah menetap di daerah kita. Apalagi penduduk di daerah kita capai 17.212 jiwa, 4421 Kepala Keluarga,16 RW, dan 90 RT dengan luas wilayah 34.270 Km meter persegi. Sehingga kita harus benar benar perketat pengamanan agar tidak terjadi penyebaran Covid-19," kata Aly.


Bukan hanya itu, di Kelurahan Kota Lama ada 4 perusaahan, yakni PT.Eka Dura Indonesia (EDI), PT. SJI Coy, PTPN V Sei Rokan sebagian masuk kelurahan serta PT.Subur Arum Makmur (SAM) sehingga akan selalu ramai didatangi warga luar Rohul bahkan luar Riau yang resiko penyebaran COVID 19 akan lebih tinggi.

 

Lurah berharap, perusahaan yang ada di Kelurahan Kota Lama juga bisa ikut berpartisipasi membantu sembako bagi masyarakat yang terdampak Covid - 19. Karena hanya baru PT SJI Coy yang baru membantu 414 paket sembako ke warga. (Hrc/Gpc)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR