Tanggal :

Update Corona Rokan Hulu: Hasil Tes Swab Pertama dan Kedua Negatif, 2 PDP di Rohul Sembuh

Dibaca: 801 kali  Jumat, 01 Mei 2020 | 22:12:09 WIB
Update Corona Rokan Hulu: Hasil Tes Swab Pertama dan Kedua Negatif, 2 PDP di Rohul Sembuh
Ket Foto : Jubir Covid-19 (Corona) Rohul Drs. Yusmar, M.Si

PASIR PANGARAIAN - GETARPIJAR.COM - Data terkini dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Jum’at (1/5/2020) menunjukkan trend membahagiakan. Pasalnya, 2 (Dua) Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dinyatakan sembuh, setelah tes Swab pertama dan kedua hasilnya Negatif, sehingga total PDP Sembuh di Rohul mencapai 17 orang.


Hal itu disampaikan Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang juga Bupati Rokan Hulu H. Sukiman melalui Jubir Covid-19 (Corona) Rohul Drs. Yusmar, M.Si, saat melaporkan Perkembangan Corona Rohul, Jum’at (1/5/2020) Pukul 16.32 Wib.


Kadis Kominfo Rohul menambahkan, PDP di Rokan Hulu hari ini Jumat (1/5/2020) Menurut Tim Medis melalui Direktur RSUD Rokan Hulu tidak ada penambahan PDP, sehingga tetap berjumlah 29 orang.


“Alhamdulillah hari ini ada 2 PDP yang sehat, dengan hasil Swab 1 dan 2 Negatif, atas nama Sujarwo, laki laki (50 tahun) asal Kecamatan Kunto Darusaalam, dari RS Awal Bros A. Yani dan Sumadi, laki laki (68 tahun) asal Kec. Pagaran Tapah, dari RS. Tandun,” kata Yusmar.


Sementara PDP lainnya, dikatakan Yusmar secara klinis dalam kondisi baik, semua PDP sudah dilakukan Swab dan telah dikirim ke Laboratorium Biomolekuler RSU Arifin Ahmad dan masih menunggu hasil PCR.


“7 Pasien PDP yang dirawat itu dengan rincian, di RSU Arifin Ahmad 1 orang, RSUD Rohul 5 orang, RS Ibnu Sina 1 orang, sementara PDP yang telah sembuh dan pulang kerumahnya masing-masing 17 orang. PDP yang di rawat telah sehat berdasarkan hasil test swab dan telah pulang ke rumah masing-masing,” ujarnya.


Kemudian ODP, lanjut Yusmar, merupakan Warga yang kembali dari luar Rokan Hulu atau warga lain yang datang ke Rokan Hulu dari daerah yang sudah terinveksi Covid-19. Sehingga Jumlah ODP hari ini 5.388 Orang, Dengan status Masih dipantau 1.734 orang dan Selesai Pemantauan 3.654 orang.


“Total ODP hari ini adalah 5.388, bila dibandingkan dengan hari kemarin 5.194 orang, sehingga hari ini ada penambahan ODP baru 194 orang. Sementara ODP di pantau hari ini 1.734 orang, hari kemarin 1.748 orang, berkurang ODP di pantau 14 orang. ODP selesai di pantau atau sehat hari ini 3.654 orang, hari kemarin 3.446 orang atau bertambah ODP sehat 208 orang,” jelasnya.


Kemudian yang wafat 5 orang, dengan status 2 orang tersebut hasil Swabnya Negatif dan 3 orang masih menunggu hasil Swab untuk memastikan apakah pasien terjangkit Covid-19 atau tidak.


Mantan Kadisdukcapil Rohul ini menambahkan, untuk Pasien status positif 1 (satu) orang telah dinyatakan sehat atas nama Agus Sutijono dan telah pulang kerumahnya, Sehingga pasien status positif Covid-19 di Rohul 0 (Nol).


Jumlah data tersebut, dikatakan Yusmar, berdasarkan Rekap Surveilens Penanganan Covid-19 Corona RSUD, Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu, berasal dari laporan Kepala Puskesmas se Kabupaten Rokan Hulu Dari data seluruh Dokter, Bidan dan Petugas Kesehatan di Kecamatan dan Desa.


Berdasarkan laporan dari WA Group dan dokumentasi serta Video Conference (Vidcon) yang disampaikan, Tim Gugus Tugas Covid-19 Corona semua tingkatan di daerah perbatasan, diminta melaksanakan pemeriksaan suhu warga yang ke wilayah Rokan Hulu.


"Kecamatan dan Desa kerjasama TNI dan Polri serta komponen dan elemen masyarakat termasuk pihak swasta, bersinergi bahu membahu, sampai mengembangkan tradisi dan kearifan lokal termasuk penyediaan Posko, masker, desinfektan dan bantuan lain kepada masyarakat secara mandiri," pungkasnya. (Diskominfo)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR