Tanggal :

Ditengah Pandemik Covid-19

Kadis TPH: Sayuran di Rohul Masih Tergolong Aman dan Mencukupi

Dibaca: 924 kali  Selasa, 28 April 2020 | 22:32:07 WIB
Kadis TPH: Sayuran di Rohul Masih Tergolong Aman dan Mencukupi
Ket Foto : Kadis Tanaman Pangan Dan Hortikultura Kab. Rokan Hulu Mubrizal ,Sp,MMA Mengunjungi Kelompok Tani Sayuran yang berada di Desa Pematang Tebih Kec. Ujung Batu,

UJUNG BATU - GETARPIJAR.COM - Demi guna meng antisipasi kekurangan sayuran akibat dampak Pandemi Covid 19 saat ini, yang menyebabkan Sayuran dari luar Daerah sedikit terhambat masuk ke Rokan Hulu.


Kadis Tanaman Pangan Dan Hortikultura Kab. Rokan Hulu Mubrizal ,Sp,MMA Mengunjungi Kelompok Tani Sayuran yang berada di Desa Pematang Tebih Kec. Ujung Batu, Selasa (28/04/2020).


Kelompok Tani yang di kunjungi pihak Dinas TPH yaitu Kelompok tani Martabe dan Kelompok tani Makmur dengan luas lahan yg di olah seluas 2,5 Ha, dengan jenis tanaman yang di tanami berupa Gambas, Pare, Kacang Panjang, dan Mentimun.


Dari hasil kunjungan yang dilakukan oleh Dinas TPH, Menurut Abdul Rozak Selaku Penyuluh Pertanian Lapangan yang menjelaskan bahwa saat ini tanaman yang bisa dipanen sementara ini baru Pare dan Gambas dengan Produksi masing masing komoditi lebih kurang 300kg per harinya.


Sedangkan untuk pemasaran lanjut Rozak, pihak Kelompok Tani memasarkan hasil panennya dipasaran lokal dan jika memungkinkan ada juga di bawa ke Pekan Baru.


Dilokasi yang sama Kepala Dinas TPH Mubrizal mengatakan bahwa untuk saat ini meski ditengah Pandemik Covid 19, ketersediaan sayuran khusus nya sayuran dataran rendah seperti , Kangkung , Bayam , Gambas, Pare ,Kacang Panjang didaerah kita masih tersedia dan mencukupi dengan Luas tanam sayur sayuran untuk Kecamatan Ujung Batu saja lebih kurang 50 ha.


Mubrizal menambahkan bahwa dengan ketersediaan sayuran yang ada saat ini, Daerah Rokan Hulu untuk sayuran masih tergolong Sangat aman, bahkan dengan ketersediaan yang ada kita masih bisa menyalurkan sayuran kita ke luar Daerah.


Mubrizal berharap kepada Kelompok Tani maupun Masyarakat jika memiliki lahan yang kosong atau bisa di tanami sayur sayuran alangkah bagusnya dimanfaatkan untuk bercocok tanam seperti sayuran, sekurang kurangnya untuk memenuhi kebutuhan Rumah tangga sendiri. (Diskominfo)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR