Tanggal :

Antisipasi kelangkaan Sayuran Akibat Corona

Gubri Kembali Tinjau Lahan Perkebunan dan Sayuran

Dibaca: 824 kali  Sabtu, 25 April 2020 | 17:47:41 WIB
Gubri Kembali Tinjau Lahan Perkebunan dan Sayuran
Ket Foto : Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar kembali melakukan peninjauan lahan perkebunan dan sayuran di sekitar kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar.

PEKANBARU - GETARPIJAR.COM - Untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan sumber sayuran dan tanaman pangan di Riau akibat COVID19, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar kembali melakukan peninjauan lahan perkebunan dan sayuran di sekitar kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar.


Dalam kunjungan tersebut, Gubri didampingi oleh Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar Nasution, Asisten I Setda Riau Ahmad Syah Harrofie, Plt Kepala Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Herman, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Riau, Chairul Riski serta tim lainnya, Sabtu (25/04/20).


Terang Gubri, kondisi pandemi Corona saat ini disambut datangnya Bulan Suci Ramadan, dikhawatirkan akan mengakibatkan kekurangan sumber sayuran di pasaran.


Untuk itu, Gubri bersama jajarannya merasa perlu adanya tindakan dini untuk mencegah kelangkaan tersebut dengan melakukan kunjungan ke sentra penghasil sayuran dan buah serta tanamanan pangan lainnya seperti padi dan lain-lainnya.


"Kedepannya kita tidak bisa prediksi, namun kita juga harus menjalankan instruksi presiden dengan memastikan ketersediaan sumber pangan di daerah-daerah,"  ujarnya.


Tambah Syamsuar, terdapat lima lokasi peninjauan yang dilakukannya, yaitu Balai Benih Induk (BBI) Jalan Kaharuddin Nasution Pekanbaru, Moms Dream Hidroponik Farm Jalan Harapan Gang Rukun Nomor 90 Kelurahan Sidomulyo Barat Tampan Pekanbaru.


Selanjutnya, Pung Grapes Yusuf Siregar atau pemanfaatan lahan terbuka untuk buah anggur di Jalan Tuah Karya Ujung Kelurahan Tuah Madani Tampan Pekanbaru, tanaman lada sebagai tanaman sela (Polikultur) Desa Kualu Nenas Kecamatan Tambang Kampar. "Tadi juga kita melakukan peninjauan ke lahan perkebunan buah-buahan di Balam Jaya Danau Bengkuang Kampar..


Gubri berharap, dengan adanya upaya pencegahan yang dijalankan dapat mengantisipasi terjadinya kelangkaan dan mampu mendorong masyarakat untuk lebih meningkatkan lagi hasil perkebunan dan pertaniannya. "Semoga kedepannya lebih baik lagi dan bisa kita rasakan dengan seksama hasilnya," tutupnya. (Mcr/Gpc)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR