Tanggal :

Soal Larangan Mudik

Kadishub Riau: Berlaku Untuk Wilayah PSBB

Dibaca: 954 kali  Jumat, 24 April 2020 | 14:25:17 WIB
Kadishub Riau: Berlaku Untuk Wilayah PSBB
Ket Foto : Kepala Dinas Perhubungan, Taufik OH

PEKANBARU - GETARPIJAR.COM - Larangan mudik diterapkan pemerintah dari dan ke wilayah yang sudah berlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) serta zona merah penyebaran virus Corona atau COVID-19.


Bagaimana dengan provinsi Riau? Kepala Dinas Perhubungan, Taufik OH mengatakan untuk di Riau, larangan mudik hanya diberlakukan di Pekanbaru, baik arus masuk ataupun keluar Pekanbaru. "Untuk provinsi Riau, baru Pekanbaru saja yang menetapkan PSBB, sehingga wilayah ini dilarang masuk dan keluar "ujar Taufik, Jumat (24/4/2020).


Menurut Taufik, hari ini juga beberapa akses pintu masuk akan ditutup. "Ya hari ini akses darat, udara dan laut semuanya hari ini ditutup," tambahnya.


Penutupan Bandara kata Taufik, mengacu kepada Permenhub 25 Tahun 2020. Menurutnya, penutupan akses masuk udara, laut dan darat dikhususkan untuk wilayah yang menerapkan PSBB saja. "Di luar Pekanbaru yang berstatus PSBB, masih diperbolehkan tranportasinya. Yang tertutup dan terbuka saat ini hanya untuk Pekanbaru saja," kata Taufik.


Transportasi darat untuk masuk dan keluar daerah yang tidak menerapkan PSBB, kata Taufik, masih bisa beroperasi. Namum, semua orang yang hendak masuk ke suatu wilayah di Riau bakal diperiksa kesehatannya.


"Secara nasional kan yang provinsinya menetapkan PSBB hanya DKI dan Sumatera Barat saja, Riau belum. Jadi aturan inipun hanya berlaku bagi wilayah Pekanbaru saja," kata Taufik.


Taufik juga mengatakan kendaraan antar-provinsi masih diizinkan melintas dengan perlakuan khusus, yakni membawa TKI yang pulang dari Malaysia. Nantinya, kendaraan pengangkut TKI ini akan diberikan tanda khusus. "Riau kan pintu keluar pemulangan TKI dari Malaysia, ya transportasi laut dan darat masih diperbolehkan, ini pengecualian," kata Taufik.


"Kita akan berikan tanda khusus bagi transportasi darat yang membawa TKI. Kan mereka berasal dari seluruh provinsi di Sumatera ini,"tutur Taufik.(Mcr/Gpc)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR