Tanggal :

Guna Menambah Pendapatan Masyarakat

DKPP Rohul Berikan Bantuan Bibit Ikan Bagi Pokdakan Rambah Muda Jaya

Dibaca: 921 kali  Senin, 20 April 2020 | 22:02:21 WIB
DKPP Rohul Berikan Bantuan Bibit Ikan Bagi Pokdakan Rambah Muda Jaya
Ket Foto : Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Rokan Hulu (Rohul) berikan bantuan 1 Paket Benih Ikan Nila serta Pakan kepada Kelompok Budidaya Ikan Rambah Muda Jaya,

RAMBAH HILIR - GETARPIJAR.COM - Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Rokan Hulu (Rohul) berikan bantuan 1 Paket Benih Ikan Nila serta Pakan kepada Kelompok Budidaya Ikan Rambah Muda Jaya, Desa Rambah Muda Kec.Rambah Hilir, Senin (20/04/2020)


Pemberian Bantuan Paket Benih Ikan Nila dan Pakannya diserahkan langsung oleh Kadis DKPP Barikun, SP didampingi Kabid Perikanan Sari Dayanti, S.Pi dan Penyuluh dari Kementrian Perikanan dan Kelautan Isnaini Anisah, S.Pi, Serta Kasi Perikanan Riza yanti, S.Pi dan tampak hadir juga Kades Rambah Muda, Rian Denny Setiawan.


Ditengah Pandemi Covid-19  DKPP Rohul tetap Gencar memberikan bantuan kepada Kelompok Budidaya Ikan (pokdakan) Seperti Kelompok  Pokdakan Rambah Muda Jaya, DKPP berikan 10 ribu bibit ikan Nila yang sepaket dengan Pakan sebanyak 2,5 Ton serta Obat obatan 10 Botol, dengan harapan Bibit ikan ini bisa berhasil di budidayakan dan bisa menambah pendapatan Masyarakat terutama Kelompok Budidaya Ikan Rambah Muda Jaya.


Ditempat yang sama ketua Pokdakan Viki Andrian Dwi Prabowo menjelaskan bahwa Kelompok Pokdakan Rambah Muda Jaya ini telah berdiri sejak tahun 2017 dengan Membudidayakan ikan Patin, sampai ahirnya mendapatkan bantuan Benih ikan yang diberikan DKPP Rohul melalui proposal yang diajukan, berupa 10 ribu Benih Ikan Nila yang sepaket dengan Pakannya.


Adapun Tempat ataupun Kolam yang telah dipersiapkan oleh Pokdakan Rambah Muda Jaya sebanyak 5 Kolam Tanah dan 2 Kolam untuk Pembenihan, sedangkan untuk penjualan sendiri Kelompok Rambah Muda Jaya memasok ikan ke Pasar Modren dan dilakukan juga dengan pemasaran melaui Medsos.


"Sedangkan target yang akan dicapai dengan bantuan 10 ribu benih Ikan ini, kami paling tidaknya harus bisa menghasilkan 1,3 Ton Ikan, barulah kami merasa berhasil dalam membudi dayakan ikan ini," terang Viki.


Selanjutnya Kadis DKPP, Barikun, SP juga menyampaikan sesuai dari bentuk proposal yang di ajukan oleh Kelompok Rambah Muda Jaya ke DKPP Rohul bahwa mereka menginginkan bantuan Bibit Ikan Nila, oleh sebab itu DKPP melalui Kegiatan Budidaya Ikan Nila telah melakukan tahapan dan survey dan kemudian memberikan 1

Paket Bantuan Kepada Pokdakan Rambah Muda Jaya berupa 10 ribu Benih Ikan Nila, serta Pakan sebanyak 2,5 Ton dan Probiotik Sebanyak 10 Botol.


Barikun, SP menambahkan setelah pemberian bantuan bibit ikan ini selanjutnya DKPP juga akan memberikan bantuan berupa Bimbingan Teknis agar Kelompok ini benar-benar Berhasil dan berkesinambungan sehingga memunculkan kelompok budidaya yang baru.


"Kita tidak hanya menginginkan kelompok ini hanya sekedar terlaksana melainkan harus berhasil dan harus ada Output nya, jika memang terdapat kendala maka pihak DKPP sudah mempersiapkan bagian tekhnis nya untuk turun kelapangan dalam hal memberikan bimbingan langkah yang harus dilakukan," ungkap Barikun.


Dengan telah diberikannya bantuan ini yang mana sempat memakan biaya yang cukup besar mencapai hingga di atas 50 jt  dirinya berharap kedepan kelompok ini bisa menjadi contoh di Desa Rambah Muda sebagai pembudidaya ikan yang berhasil tutup Kadis DKPP.


"Kedepan kami dari DKPP juga akan memberikan bantuan bimbingan mungkin berupa pengolahan hasil seperti Nugget ikan sehingga bisa meningkatkan pendapatan dan marketnya tidak hanya dalam lokal melainkan luar kota," ungkap Barikun. (Diskominfo)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR