Tanggal :

Baznas Siak Salurkan 360 Paket Limbako di Kecamatan Minas

Dibaca: 821 kali  Rabu, 15 April 2020 | 22:26:31 WIB
Baznas Siak Salurkan 360 Paket Limbako di Kecamatan Minas
Ket Foto : Sebanyak 360 paket Limbako (Lima bahan pokok) disalurkan langsung oleh Baznas Siak melalui Camat Minas H Hendra Adi Nugraha SSTP MSI kepada para Penghulu/Lurah se-Kecamatan Minas.

MINAS - GETARPIJAR.COM - Pemerintah Kabupaten Siak, melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Siak, menyerahkan bantuan bahan pokok berupa sembako, khususnya kepada para warga yang beragama Islam dan tergolong dari keluarga kurang mampu serta warga yang terdampak musibah Non Alam Virus Corona (Covid-19).


Sebanyak 360 paket Limbako (Lima bahan pokok) disalurkan langsung oleh Baznas Siak melalui Camat Minas H Hendra Adi Nugraha SSTP MSI kepada para Penghulu/Lurah se-Kecamatan Minas, yang nantinya akan diserahkan kepada para warga yang layak menerimanya di masing-masing Kampung maupun Kelurahan yang ada di Kecamatan Minas.


“Tentunya bantuan ini diberikan oleh para donatur yang telah mengeluarkan zakatnya, kemudian diberikan kepada delapan asnaf, dan program ini ditargetkan hanya untuk umat Islam saja, sebab dana ini bersumber dari masyarakat muslim dan dikembalikan sesuai dengan sumbernya. Yakni terhadap keluarga-keluarga dari kalangan umat Islam yang tidak mampu, sesuai dengan program Bazanas,” kata Camat Hendra kepada Wartawan, Selasa (15/04/2020).


Dalam kesempatan itu pula, Alwis, S. SosI, MA selaku Ketua UPZ Kecamatan Minas dia menerangkan, jumlah bantuan yang disalurkan oleh Baznas itu nantinya akan diserahkan kepada 360 Kepala Keluarga (KK) se-Kecamatan Minas.


“Jadi dalam perpaketnya ada Beras 10Kg, telur ayam 1 papan, kemudian minyak goreng, gula plus mie sagu sebanyak dua bungkus,” kata Alwis.


Lebih jauh diterangkan Alwis, dalam hal ini Baznas mengambil peran untuk mengurangi beban masyarakat miskin, khususnya di kabupaten Siak, dan khusus di Minas bagi warga yang terdampak virus Corona.


“Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Bupati Siak beberapa hari yang lalu saat menyerahkan secar simbolis Limbako ini kepada masing-masing ketua UPZ se Kabupaten Siak, beliau menyampaikan, mudah-mudahan apa yang telah dilakukan oleh Baznas ini kiranya dapat mengurangi sedikit beban dari pada masyarakat kita yang kurang mampu,” imbuhnya.


Dalam hal ini kata Alwis, pihaknya juga berharap, agar kedepan yang menunaikan zakat lebih banyak melalui Bazanas Siak, dengan hal itu tentunya, Bazanas akan dapat lebih banyak menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkannya.


“Karena memang yang disampaikan pihak Bazanas dalam rapat kordinasi di hari Senin (13/04/20) kemarin jumlah fakir miskin di Kabupaten Siak meningkat tajam, sejak Covid-19 mewabah di Indonesia, begitu juga dengan Kecamatan Minas, juga ada peningkatan jumlah fakir miskin,” ungkapnya.


Diakhir dijelaskannya, dari data 360 KK yang didapatkan oleh pihaknya, 248 KK diantaranya merupakan kerjasama Bazanas dengan Dinas Sosial dalam hal menginformasikan jumlah fakir miskin untuk penerima Limbako tersebut, sementara untuk jumlah 112 KK lainnya, merupakan usulan UPZ dimasing-masing Kampung/Kelurahan yang ada, yang mana yang 112 KK ini tidak tercover dalam data Dinas Sosial.


“Insya Allah dalam waktu dekat ini juga akan ada penyaluran bantuan lagi oleh Baznas, tetapi bentuknya bantuan konsumtif periode ke II tahun 2020, Insya Allah akan disalurkan di Bulan Ramadhan nanti,” Pungkasnya.(Ktc/Gpc)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR