Tanggal :

Antisipasi Penyebaran Virus Corona

Pemdes Muara Dilam Bangun Enam Posko Relawan Desa Lawan Covid-19

Dibaca: 803 kali  Jumat, 10 April 2020 | 13:47:15 WIB
Pemdes Muara Dilam Bangun Enam Posko Relawan Desa Lawan Covid-19
Ket Foto : Pemdes Muara Dilam saat membangun posko relawan desa lawan Covid-19

KUNTO DARUSSALAM - GETARPIJAR.COM - Sesuai dengan intruksi Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) mendorong Pemerintah Desa membangun Pos jaga di setiap gerbang masuk desa sebagai upaya penanganan dan pencegahan pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), Pemerintah Desa Muara Dilam, Kecamatan Kunto Darussalam, Kab. Rokan Hulu (Rohul), telah membangun 6 (Enam) Posko Relawan Desa Lawan Covid-19.


Hal itu berdasarkan sesuai petunjuk Mendes PDTT Nomor 8 Tahun 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa dan Surat Edaran (SE) Bupati Rohul H. Sukiman serta diperkuat dengan SE Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Rohul Nomor: 140/DPMPD-UM/2020/79 tentang Pencegahan dan Penanganan Penyebaran Virus Corona.


“Alhamdulillah berkat gotong royong dan kerja sama bersama warga, Posko Relawan Desa Lawan Covid-19 telah dibangun secara swadaya masyarakat. 6 (Enam) Posko yang kita bangun itu di Dusun 1 Kota 2 Posko dan masing-masing satu Posko terletak di Dusun II Jalan Baru PT Ema, Dusun III Sungai Murai, Dusun IV Kelampaian dan Dusun IV Sungai Lilin,” Kata Kepala Desa Muara Dilam Zulfikar SHi saat dikonfirmasi Media Center Diskominfo Rohul, Kamis kemarin.


Tujuan dibangunnya Posko Relawan Desa Lawan Covid-19, Dikatakan Zulfikar, sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Desa Muara Dilam ikut andil dalam mencegah penyebaran Covid-19. Dari Posko yang telah dibangun akan dilakukan pemeriksaan kesehatan bagi warga yang masuk ke Desa Muara Dilam.


“Posko Relawan Desa Lawan Covid-19 yang kita bangun ini sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19, agar setiap orang yang akan masuk ke Desa Muara Dilam wajib dilakukan penyemprotan dan cuci tangan, hingga dianggap bersih atau steril. Begitu juga dengan petugas yang memeriksa telah dilengkapi dengan APD dan Masker,” kata Zulfikar.


Lanjut Zulfikar, Setiap Posko diisi oleh Tim Gabungan dan terpadu, yang terdiri dari Tim Medis, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Pemdes dan masyarakat. Setiap orang dan kendaraan yang melintasi atau masuk ke Desa Muara Dilam akan dilakukan pemeriksaan kesehatan dan dilakukan penyemprotan disinfektan serta diwajibkan mencuci tangan pakai sabun dan masker.


“Dengan upaya ini, pentingnya gerakan masif yang harus dilakukan, mulai dari diri sendiri, rumah tangga lingkungan dan desa guna menekan bahkan melawan penyebaran Covid-19 ini yang sangat cepat dan masif,” ujarnya.


“Tidak hanya masyarakat yang melintas, pihaknya juga melakukan sosialisasi dan penyemprotan disinfektan ke sejumlah rumah warga, sekolah, fasilitas umum dan pasar, diharapkan dari upaya yang telah dilakukan dapat memutus mata rantai penyebaran Virus Corona ini,” tambah Zulfikar.


Ketika ditanya berapa anggaran untuk penanganan Covid-19 sesuai dengan Instruksi Kemendes PDTT dan DPMPD Rohul, Zulfikar mengaku Pemdes Muara Dilam akan menganggar dan melakukan pergeseran APBDes. Terkait besarannya, saat ini masih dalam proses pembahasan bersama Sekdes dan BPD Desa Muara Dilam.


Zulfikar juga menghimbau kepada masyarakat Desa Muara Dilam tetap terjaga dan terhindar dari penyebaran virus Corona dan ikuti anjuran dan himbauan Pemerintah agar masyarakat tidak keluar rumah jika tidak mendesak. Jaga kesehatan dengan selalu membersihkan atau cuci tangan dengan sabun dan membiasakan untuk berprilaku hidup bersih dan sehat. (Diskominfo)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR