Tanggal :

Guna Memutus Rantai Penyebaran Covid -19

Warga Kabun Rohul Lakukan Isolasi Mandiri Terpusat

Dibaca: 833 kali  Rabu, 08 April 2020 | 23:08:23 WIB
Warga Kabun Rohul Lakukan Isolasi Mandiri Terpusat
Ket Foto : Warga Kabun lakukan isolasi mandiri terpusat

KABUN - GETARPIJAR.COM - Dalam situasi Pandemi Covid -19 yang saat ini meresahkan masyarakat terutama di Rokan Hulu, sesuai Update Data Covid-19 melalui Rekap Surveilens Penanganan Covid-19 Corona RSUD, Dinas Kesehatan Kabupaten Rokan Hulu, berasal dari laporan Kepala Puskesmas se Kabupaten Rokan Hulu, Dari data seluruh Dokter, Bidan dan Petugas Kesehatan di Kecamatan dan Desa.


Selasa kemarin jumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP) saat ini 2.505 Orang, Dengan status Masih Pamantauan 1.834 Orang, Selesai Pemantauan 671 Orang akan tetapi ini berupa eks ODP, artinya telah 14 hari dalam pantauan dan sudah selesai di pantau dengan kata lain (status aman).


Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) saat ini secara kumulatif berjumlah 6 org, 5 orang masih dalam rawatan (isolasi) dengan rincian, isolasi di RSUD sebanyak 2 orang, isolasi mandiri sejumlah 2 orang,1 orang di awal bros group Pekanbaru dan sudah sembuh melakukan persiapan mau pulang ke rumah serta 1 orang di RSUD Rohul sudah sembuh, dan sudah kembali ke keluarga.


Sementara Satu Pasien Positif Covid -19, berdasarkan keterangan dari Tim Medis Melaui Direktur RSUD Rohul bahwa saat ini Keadaan Pasien sudah membaik, akan tetapi masih menunggu tahapan selanjutnya.


Melihat Situasi dan Kondisi saat ini, Sekretaris Daerah Rokan Hulu Pada Selasa Pagi Sekitar Pukul 09.00 Wib, lakukan Vidcon Bersama Camat Se Rokan Hulu guna mengetahui secara langsung langkah yang diperbuat dalam mengatasi masalah Covid 19 ini.


Disaat Vidcon Bersama Camat Kabun, Ternyata Di Kec. Kabun saat ini telah melakukan Langkah tepat dalam mengatasi Masalah Covid 19 ini, Dengan melakukan isolasi mandiri terpusat yang dilaksanakan di Desa Bencah Kesuma, tepatnya di gedung Ponpes Madrastul Quran dengan menggunakan asrama putri.


Camat Kabun, Anang mengatakan bahwa Isolasi mandiri terpusat ini berprinsip isolasi yang dilakukan secara mandiri, didukung oleh masyarakat desa, akan tetapi tempat dilakukan secara terpusat pada satu tempat untuk memudahkan pemantauan dengan fasilitas selain tempat tidur juga tersedia berupa Listrik, Air Bersih, Internet, serta Karaoke, sedangkan untuk makan dan minum warga isolasi di Suplai oleh keluarga namun dilakukan secara terpisah tanpa kontak antara keluarga dan warga yg di isolasi.


Anang Menambahkan, Sejauh ini Tim Gugus Bersama pihak Kecamatan melakukan tahapan berupa pendataan warga yang akan datang dari wilayah transmisi covid-19, kemudian melakukan pertemuan dengan keluarga yang datang tersebut untuk menyampaikan program isolasi mandiri terpusat, sedangkan pada saat warga datang dijemput menggunakan bus khusus yang didampingi dengan Petugas Medis dan Kepolisian selanjutnya dibawa ke gedung isolasi dan dilakukan pemeriksaan awal dan dilakukan isolasi.


"Dalam Kegiatan setiap harinya dilaksanakan olahraga bersama oleh warga yg di isolasi dan melakukan aktifitas ringan yang dipantau oleh tenaga kesehatan, serta setiap hari kesehatan warga yg di isolasi di periksa oleh petugas kesehatan dan diberikan vitamin serta jamu oleh Pemerintah Desa" jelas Anang.


Sedangkan untuk keamanan penjagaan lokasi isolasi mandiri terpusat dilakukan oleh Bhabinkantibmas dan Babinsa serta dibantu warga dan keluarga. Tambahnya.


Camat Kabun, Anang Putra berharap semoga langkah yang dilakukan ini bisa juga dilakukan Kecamatan lain, sehingga benar benar masalah ini bisa cepat diatasi dengan sementara memisahkan ODP dan Keluarga dalam hal memutus Rantai penyebaran Covid-19, dan orang yang ODP benar-benar bisa dipantau sehingga terhindar dari warga lain jika terdapat positif Covid dari warga yang di Isolasi. (Diskominfo)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR