Tanggal :

Pemkab Siak Akan Gunakan GPS Pantau ODP Covid-19

Dibaca: 834 kali  Selasa, 07 April 2020 | 22:32:14 WIB
Pemkab Siak Akan Gunakan GPS Pantau ODP Covid-19
Ket Foto : Bupati Siak Alfedri saat memimpin rapat penanganan Covid-19.

SIAK - GETARPIJAR.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak, Provinsi Riau, akan menyiapkan aplikasi Global Positioning System (GPS) untuk memantau pergerakan orang dalam pemantauan (ODP) virus Corona atau Covid-19.
 

Pasalnya, ODP di Siak tiap hari terus merangkak naik. Bahkan, hingga saat ini jumlahnya sudah 1439 orang. Padahal dua hari lalu hanya 1.300 orang.
 

"Pergerakan masyarakat akan terpantau jika keluar dari rumah dengan radius 15 meter. Sinyal pemberitahuan bahwa ada ODP akan muncul di tim gugus tugas penanganan Covid-19 Siak. Informasi tentang adanya GPS ini akan kami beritahukan kepada seluruh RT di Kabupaten Siak," kata Bupati Siak Alfedri kepada awak media, Selasa (7/4/2020).
 

Alfedri mengatakan, penggunaan GPS ini terinspirasi dari PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP). Perusahaan kertas yang berlokasi di Perawang, Kecamatan Tualang itu, telah menggunakan GPS untuk memantau pekerjanya agar tidak keluar dari Perawang selama wabah virus Corona.
 

"Karyawannya tidak boleh ke Pekanbaru. Harus berada di tempat. Jika ke luar dan tidak mengindahkan peraturan yang dibikin perusahaan, gaji yang bersangkutan dipotong," kata Alfedri.
 

Agar penggunaannya efektif, pemerintah daerah akan ujicoba dulu satu pekan ini. Ini untuk memastikan tersampainya sinyal ke perangkat RT hingga ke tim gugus tugas. "Sinyalnya otomatis sampai. Yang penting punya HP android. Maka itu kita coba dulu," kata dia. (Gatra)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR