Tanggal :

Penyemprotan Jalan dan Perkampungan Serentak di Riau

Tim Habiskan 59,7 Ton Cairan Disinfektan

Dibaca: 813 kali  Selasa, 31 Maret 2020 | 22:10:53 WIB
Tim Habiskan 59,7 Ton Cairan Disinfektan
Ket Foto : Tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Pemprov Riau, Pemko/pemkab dan elemen masyarakat dilibatkan dalam aksi penyemprotan cairan disinfektan di sejumlah jalan protokal

PEKANBARU - GETARPIJAR.COM - Tim gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, Pemprov Riau, Pemko/pemkab dan elemen masyarakat dilibatkan dalam aksi penyemprotan cairan disinfektan di sejumlah jalan protokal dan fasilitas umum hingga perkampungan.


Tak hanya itu, selama giat tersebut sebanyak hampir 60 ton, tepatnya 59,7 ton cairan disinfektan yang disemprotkan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 secara serentak di 12 kabupaten dan kota di Provinsi Riau.


Hal tersebut disampaikan Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi. Kapolda mengatakan penyemprotan cairan disinfektan hari ini merupakan upaya bersama-sama semua pihak guna mencegah penyebaran Covid-19.


Kapolda mengucapkan terima kasih kepada semua elemen masyarakat yang turut bergotong royong turun ke jalan, kampung, kantor, tempat ibadah dan sarana umum lain.


"Kegiatan yang dipimpin oleh Gubernur Riau selaku Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 ini melibatkan 3802 personel gabungan TNI, Polri dan elemen masyarakat," kata Agung, Selasa (31/3/2020).


Kegiatan tersebut juga didukung oleh alat semprot manual ke perkampungan yang padat penduduk. Upaya yang dilakukan hari ini guna memutus penularan Covid-19 di Provinsi Riau.


Jumlah personel yang dilibatkan adalah 3.802 orang dengan rincian 200 Personil Polda Riau, 1.655 Polres Jajaran, 408 personil TNI, 197 Personil BPBD, 147 Personil PMK, 357 Personil Satpol PP, 480 Personil dari Relawan dan Banser serta didukung oleh 358 orang Tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.


Peralatan yang diterjunkan berupa kendaraan 21 unit Mobil AWC, 113 unit Ran Public Addres Binmas, 1 unit Ran KBR Brimob, 22 unit Ran Public Addres Lantas, 45 unit Ran PMK, dan 152 unit Ran Double .


"Tidak lupa semua personil menggunakan alat perlengkapan perlindungan berupa 1.325 kotak masker, 321 unit APD, 501 unit hand sprayer, 50 unit alat semprot dan menghabiskan cairan desinfektan dengan total keseluruhan 59,7 ton," tuturnya.


"Semua personel dan perlengkapan tersebut bergerak secara serentak di seluruh wilayah Provinsi Riau sesuai rute yang telah ditentukan hingga ke pelosok perkampungan padat penduduk guna memutus penularan Covid-19 di Provinsi Riau," imbuhnya.


Penyemprotan secara serentak se Riau ini, untuk Pekanbaru dibagi dalam empat zona, A, B, C dan Zona D. Zona A, tim pertama menyemprot disinfektan dengan rute Tugu Zapin Jalan Jenderal Sudirman menuju Jembatan Siak IV menuju Jalan Sudirman Ujung menuju Jalan Sembilang menuju Jalan Paus menuju Jalan Yos Sudarso Universitas Lancang Kuning.


Sedangkan Tim Kedua di Zona A bertugas menyemprot mulai dari Tugu Zapin Jalan Jendral Sudirman menuju Jalan Siak 4 menuju Jalan Sembilang menuju Jalan Kayangan menuju Jalan Yos Sudarso dan RSDC.


Sementara itu, Zona B Tim I meliputi Tugu Zapin Jalan Jenderal Sudirman menuju Jalan Arifin Ahmad menuju Jalan Soekarno Hatta hingga ke Pasar Pagi Arengka. Sedangkan Tim II meliputi Tugu Zapin Jalan Jendral Sudirman menuju Jalan KRD Nasution hingga ke Universitas Islam Riau (UIR).


Zona C, Tim I dengan rute Tugu Zapin Jalan Jenderal Sudirman menuju Jalan Tuanku Tambusai menuju Tugu Songket menuju Jalan SM Amin menuju Jalan HR soebrantas hingga ke UIN Suska. Tim II Zona C mulai dari Tugu Zapin Jalan Jenderal Sudirman menuju Jalan Tuanku Tambusai menuju Jalan Soekarno Hatta hingga ke Jalan Riau Polsek Payung Sekaki.


Selain itu, Zona D  Tim I meliputi Tugu Zapin Jalan Sudirman menuju Jalan Gajah Mada menuju Jalan Diponegoro menuju Jalan Hangtuah hingga ke Plaza ternak. Tim II meliputi Tugu Zapin Jalan Sudirman menuju Jalan Gajah Mada menuju Jalan Diponegoro hingga ke Jalan Imam Munandar Tribun Pekanbaru.


“Zona A dari Tugu Zapin menuju Rumbai Pesisir menyusuri jembatan Siak IV, zona B dari Pekanbaru kota menuju Marpoyan Damai lanjut menuju pemukiman di Bukit Raya. Zona C dari Pekanbaru kota menuju Tampan dan dari tampan menuju wilayah Payung Sekaki. Terakhir Zona D dari Pekanbaru kota menuju Harapan Raya. Tim juga melaksanakan penyemprotan terhadap pemukiman masyarakat yang ada di belakang Mall Living World," pungkasnya. (Mcr/Gpc)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR