Tanggal :

Pengadaan APD Jadi Prioritas

Pemkab Rohul Siapkan Rp.13 Miliar

Dibaca: 812 kali  Senin, 30 Maret 2020 | 22:08:06 WIB
Pemkab Rohul Siapkan Rp.13 Miliar
Ket Foto : Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hulu Abdul Haris S.Sos MSi

PASIR PANGERAIAN - GETARPIJAR.COM - Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Pemkab Rohul) menyiapkan anggaran sebesar Rp 13 miliar untuk penanganan dan pencegahan Covid 19 di wilayahnya. Anggaran itu merupakan anggaran awal dari pergeseran anggaran kegiatan di Dinas Kesehatan.


Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hulu Abdul Haris S.Sos MSi, Senin (30/3/2020) mengatakan, saat ini baru Dinas Kesehatan yang sudah selesai melakukan pergeseran anggaran. Anggaran yang digeser tersebut merupakan anggaran kegiatan fisik yang bersifat tidak mendesak seperti rehabilitasi Puskesmas Rehab Gedung dan lainnya.


“Itu baru tahap awal, jika nanti masih kurang maka kita akan tambah dengan pergeseran anggaran APBD dari OPD lain, kita punya potensi seratus miliar dari APBD Rohul untuk penanganan Covid-19 ini, namun untuk mempercepat penanganan dan pencegahan Covid-19 ini kita gunakan itu dulu,” Cakap Sekda.


Lebih lanjut dijelaskan Sekda, anggaran Rp 13 miliar tahap awal tersebut nantinya akan dipergunakan untuk membiayai upaya-upaya penanganan dan pencegahan Covid-19 seperti biaya pos penjagaan di pintu-pintu masuk Rohul dan yang paling prioritas adalah pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) tenaga medis serta sarana dan prasarana pendukung lainnya.


“Prioritas kita adalah pembelian APD bagi seluruh tenaga medis kita baik yang ada di Puskesmas, RSUD dan 3 Rumah Sakit rujukan lainnya, mereka harus dilindungi terlebih dahulu,” tegasnya.


Disinggung kemungkinan terjadinnya penambahan anggaran penanganan Covid-19, Sekda menyatakan, Pemerintah akan melihat dulu kebutuhan yang dibutuhkan. Ia menyatakan, fokus Pemkab Rohul saat ini adalah melakukan pencegahan agar wabah Covid-19 tidak menyebar di Rohul. (Ckl/Gpc)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR