Tanggal :

RSUD Rohul Butuh 12 APD Sehari

Pemkab Rohul Masih Hitung Pergeseran Anggaran Belanja APD

Dibaca: 840 kali  Ahad, 29 Maret 2020 | 22:38:47 WIB
Pemkab Rohul Masih Hitung Pergeseran Anggaran Belanja APD
Ket Foto : Juru Bicara Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Rohul, Drs.Yusmar.M.S

PASIR PANGARAIAN - GETARPIJAR.COM - Bupati Rokan Hulu (Rohul), H.Sukiman melalui Juru Bicara Tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Rohul, Drs.Yusmar.M.S mengatakan, RSUD Rohul menghabiskan 12 Alat Pelindung Diri (APD) dalam sehari untuk 3 shift petugas.


Yusmar juga mengakui, saat ini jumlah masyarakat berstatus ODP dan PDP di Rohul meningkat. Bahkan sampai Minggu (29/3/2020), jumlah orang berstatus ODP sudah mencapai angka 1.044 orang dengan 4 orang berstatus PDP.


Sementara itu kata Yusmar, penggunaan APD setiap hari semakin menipis. Karena, kebutuhan APD di RSUD dalam sehari digunakan empat unit dengan didistribusikan dalam tiga shift dengan total 12 APD seharinya.


"Saat ini Pemkab Rohul masih melakukan penghitungan pergeseran anggaran, untuk dapat melakukan proses belanja APD dalam menangani Covid-19 di Rohul," kata Yusmar.


Sebelumnya, ada enam unit APD bantuan dari Provinsi Riau uah didistribusikan ke RSUD Rohul. Tetapi, seluruh APD sudah digunakan tenaga medis dalam usaha penanganan pasien baik berstatus OPD maupun PDP di Rohul.


"Pihak RSUD Rohul sudah mengambil langkah lain, diantaranya dengan mengusahakan bantuan dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Insya Allah, besok Senin ini bantuan APD akan datang dan sudah bisa dimanfaatkan," jelas Yusmar.


Pihak RSUD juga sudah berusaha melakukan pemesanan APD dengan menggunakan dana BLUD. Diperkirakan, barang yang dibeli itu akan datang sekitar 4 April besok.


"Kini seluruh Tim Gugus Tugas Pengananan Covid-19 terus melakukan berbagai usaha dan langkah-langkah dalam mengusahakan ketersediaan APD di Rohul," katanya lagi.


"Karena kita yakin, APD tersebut senjata bagi petugas kesehatan menghadapi pasien baik ODP maupun PDP akibat Covid-19 ini," ucap Yusmar. (Diskominfo)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR