Tanggal :

Diskominfo Rohul Nyatakan ODP Menurun

Posko Covid-19 di Kantor PMI

Dibaca: 69 kali  Rabu,25 Maret 2020 | 23:18:53 WIB
Posko Covid-19 di Kantor PMI
Ket Foto : Bupati Sukiman, Kapolres dan pejabat Forkompinda saat meninjau Gugus Kendali Covid 19 Tingkat Kabupaten Rohul, sekaligus bagikan 6000 masker gratis ke masyarakat, sebagai bentuk kesiap siagaaan Pemkab Rohul mengantisipasi penyebaran Corona.

PASIR PANGARAIAN - GETARPIJAR.COM - Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu, (Pemkab Rohul) kini lakukan berbagai langkah tanggap untuk memutus mata rantai Virus Covid-19 atau Corona.


Virus Corona kini jadi perhatian serius dari Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota sesuai arahan dari Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dilanjutkan Gebernur Riau Drs. H.Syamsuar M. Si.


Sikapi hal itu, Pemkab Rohul selain sudah bentuk tim Satgas, juga menyediakan tempat pelayanan informasi satu pintu melalui Dinas Komunikasi  dan Informasi (Diskominfo) juga posko Covid-19 di Kantor PMI Jalan Diponegoroiponegoro Kelurahan Pasir Pangaraian, Kacamatan Rambah juga nomor kontak di 119 dan nomor HP 085265577004.


Itu dikatakan Bupati Rohul H. Sukiman melalui juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Drs Yusmar M.Si,  Rabu (25/3)2020).


Diakui Yurmar, berkat kerja keras Satgas yang sudah dibentuk dan terus meninndak lanjuti Surat Edaran Bupati, Rohul berjuluk negeri seribu suluk hingga kini belum ada warga terindikasi atau terjangkit Corona.


"Berharap agar seterusnya tidak ada Corona di Rohul, mari kita berdoa dan melaksanakan SE himbauan Bupati Rohul H. Sukiman," kata Yusmar yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kadiskominfo) Rohul.


Yusmat juga mengaku, Orang Dalam Pengawasan (ODP) berdasarkan sumber dari Dinas Kesehatan (Diskes) Rohul, orang tanpa terkecuali masuk ke Rohul  dari daerah terinfeksi Corona, dari tanggal 22 Maret 2020 ada 110 orang, pada Maret 91 orang, pada 24 Maret 2020  ada 90 orang dan hingga kini ODP menuran.


Langkah yang diambil Pemkab Rohul berupa himbauan dan Instruksi Bupati Rohul kepada pemerintahan tingkat Kecamatan dan Upika, termasuk Kapolsek dan Danramil serta Puskesmas, SatPol PP dan Damkar juga unsur terkait lainnya.


Termasuk pemerintahan desa, dusun RW dan RT, pemuka agama, adat dan pemuka  masyarakat. Termasuk rekan-rekan Pers dan jurnalistik.


Kemudian membuat Gugus Kendali Covid 19 Tingkat Kabupaten dari semua unsur Pemerintah, Kapolres, Dandim dan Forkopimda, Kelapa Dinas Kesehatan, Kasatpol PP dan Damkar, Direktur RSUD, Diskomifo, BPBD dan lainnya.


Selanjutnya membuat Tim gabungan Covid-19 di daerah perbatasan Rohul- Padang Lawas dan Simpang TB, Kabun, Kecamatan Bonai Darussalam-Duri, Mahato Kecamatan Tambusai Utara-Batas Sumatera Utara guna Pengawasan orang masuk ke Rohul.


Pengawasan pelaksanaan himbauan dan petugas dan pembagian masker ke masyarakat langsung oleh Bupati H. Sukiman dan Forkopimda serta dinas instansi terkait, sebanyak 6.000 buah.


Penyampaian pengumuman kepada masyarakat melalui mobil dan motor dengan pengeras suara di tempat tempat umum dan pasar dan khalayak ramai.


Penyediaan Posko covid-19 di Kantor PMI Kabupaten Rohul dan Pusat Informasi Covid-19 di Kantor Diskominfo Rohul.


"Kita dari Tim Satgas hingga kini terus melakukan pemantauan dan sosialisasi pencegahan Virus Covid-19 atau Corona ini kepada seluruh masyarakat Rohul," sebut Yusmar.


Sebelumnya Sekda Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si mewakili Bupati Rohul H. Sukiman menjelaskan, Pemkab Rohul terus komitmen mengantisipasi pencegahan Covid-19, antara lain telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) terkait pencegahan dan Penyebarluasan Covid-19, Meliburkan sekolah, melarang ASN keluar daerah, menyampaikan surat edaran ke Perusahaan-perusahaan.


"Selain itu Pemkab juga rutin melakukan Sosialisasi ke masyarakat melalui Baliho, Media, maupun lewat Radio milik Pemerintah Daerah Radio Swara Lima Luhak dan Radio Islamic Center Rohul dan menetapkan informasi satu pintu terkait Covid-19 di Media Center Diskominfo Rohul," terang Abdul Haris


Untuk penanganan Covid-19, lanjut Abdul Haris, upaya Pemkab Rohul untuk melakukan penanganan Covid-19, telah menyiapkan Posko terpadu di kantor PMI Rohul dan 4 RS melayani Covid-19 serta telah disediakan 10 kamar isolasi di RSUD Rohul. Kemudian ada 4 Rumah Sakit yang disiapkan Pemkab Rohul yakni RSUD Rohul, RS Awal Bross Ujung Batu, Rs As-Zahra Ujung Batu, RS Surya Insani Pasir Pengaraian serta memanfaatkan Shelter BPBD Rohul dan ruangan VIP RSUD Rohul sebagai cadangan Isolasi. (Diskominfo)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR