Tanggal :

Deportasi TKI dari Malaysia Berlanjut

Riau Siap Tampung

Dibaca: 887 kali  Rabu, 25 Maret 2020 | 14:38:08 WIB
Riau Siap Tampung
Ket Foto : Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar

PEKANBARU - GETARPIJAR.COM - Gelombang kepulangan tenaga kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia masih berlanjut di tengah wabah virus Corona (COVID-19). Riau akan menjadi salah satu tempat pemulangan para TKI.


"Kita baru selesai menggelar rapat koordinasi terkait rencana pemulangan para TKI dari Malaysia. Wilayah Kota Dumai menjadi salah satu pelabuhan untuk pemulangan para TKI," kata Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar, kepada wartawan, Rabu (25/3/2020).


Syamsuar menjelaskan, pemulangan TKI lewat perairan Riau ini setelah lewat jalur di Karimun di Provinsi Kepri sudah terlalu banyak. Sehingga pemerintah pusat meminta pemulangan TKI dari negeri jiran tersebut sebagian lewat perairan Riau.

 

"Kita akan koordinasi dengan Wali Kota Dumai apakah mereka sudah siap seluruhnya mengantisipasi pemulangan ini. Karena tentunya mereka akak cek kesehatannya untuk mencegah wabah COVID-19," kata Syamsuar.


Jika Wali Kota Dumai telah siap, sambung Syamsuar, maka besok juga kapal yang telah disediakan akan segera menjemput para TKI dari Malaysia. Kapasitas kapal tersebut bisa menampung 200-300 orang.


"Semuanya akan dilakukan pengecekan suhu tubuh. Bila ada yang suhu tubuhnya lebih dari 38 derajat (Celcius), wajib dirujuk ke rumah sakit. Pengecekan kesehatan ini dilakukan KKP, ini dalam rangka pencegahan," kata Syamsuar.


Bagi TKI yang tidak mengalami gejala Corona, katanya, akan diberikan surat keterangan kesehatan dari KKP. "Sebagaimana kita ketahui, Malaysia itu pandemi Corona dan ada 1.600 orang terjangkit. Jadi makanya pengecekan di pelabuhan sangat penting," kata Syamsuar.


Bagi TKI yang dinyatakan sehat, lanjutnya, dipersilakan pulang ke kampung halamannya masing-masing. "Kita sudah sediakan bus di pelabuhan Dumai untuk mengangkut para TKI ke kampung halamannya. Nanti akan kita sediakan busnya misalkan mau ke Sumut atau ke Sumbar," katanya.


Syamsuar tidak bisa memastikan berapa jumlah TKI yang akan pulang. "Belum tahu berapa jumlahhya, tapi kapal sudah kita persiapkan untuk menjemput mereka," kata Syamsuar. (Dtc/Gpc)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR