Tanggal :

Pemkab Rohul Siapkan Celter BPBD dan BLK Antisipasi Bertambah Pasien COVID-19

Dibaca: 845 kali  Senin, 23 Maret 2020 | 23:23:03 WIB
Pemkab Rohul Siapkan Celter BPBD dan BLK Antisipasi Bertambah Pasien COVID-19
Ket Foto : Pemkab Rohul saat video konferensi (Vidkon) bupati/wali kota se Provinsi Riau dengan Gubernur Riau.

PASIR PENGARAIAN - GETARPIJAR.COM - Bupati Rohul melalui Sekda Abdul Haris.S.Sos.M.Si mengatakan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu menyiapkan celter BPBD Rohul yang ada di Pujasera Pasir Pengaraian, dan gedung BLK milik Provinsi Riau di Rohul untuk antisipasi jika tiga rumah sakit yang ditunjuk tak mampu menampung pasien Virus Corona.

 

Penegasan itu disampaikan Sekda Abdul Haris saat video konferensi (Vidkon) bupati/wali kota se Provinsi Riau dengan Gubernur Riau guna membicarakan kesiapan penanganan serta upaya pemutus rantai penyebaran virus corona (covid-19), Senin (23/3/2020).


“Kita siapkan uang Isolasi di Rs Az-Zahra Ujungbatu, RS Awal Bros Ujungbatu dan Rumah Sakit Surya Insani di Pasir pengaraian. Jika ketiganya tak bisa lagi menampung jumlah pasien, kita siapkan cadangan Celter BPPD dan gedung BLK,” jelas Sekda.


Selain menetapkan rumaj sakit cadangan, Pemkab Rohul juga sudah embentuk posko penangulangan covid-19 yang dipusatkan di PMI Rohul. Disamping itu, juga sudah dikeluarkan surat himbauan kepada masyarakat, sekolah, dan perusahaan agar tidak keluar rumah, melakukan perkumpulan atau menggelar acara yang menyebabkan perkumpulan orang ramai.


“Himbauan melalui pengeras suara juga sudah dilakukan pihak kepolisian dan satpol pp. Sosialisasi melalui baliho, himbuan melalui radio juga dilaksanakan untuk menghimbau masyarakat agar tidak keluar rumah dan beraktifitas diluar rumah juga sudah kita lakukan. Selain itu juga mengawasi pintu masuk ke Rohul dari Kampar dan Sumut,” beber Sekda.


Tidak hanya itu, tambahnya, Pemkab Rohul juga akan melakukan perubahan struktur APBD Rohul, terutama bagi kegiatan yang bukan prioritas. Karena untuk melakukan pemeriksaan warga yang keluar masuk Rohul, terutama dari pintu masuk perbatasan Kampar Rohul dan Rohul Padang Lawas.


“Kita akan lakukan perubahan struktur APBD untuk pengawasan pintu perbatasan karena ini membutuhkan dana operasional juga,” pungkasnya. (Rlc/Gpc)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR