Tanggal :

Penuhi Akses Transportasi Masyarakat

Dishub Kuansing Usulkan Bantuan 3 Unit Bus Damri

Dibaca: 867 kali  Rabu, 18 Maret 2020 | 22:40:37 WIB
Dishub Kuansing Usulkan Bantuan 3 Unit Bus Damri
Ket Foto : Kepala Dinas Perhubungan Kuantan Singingi, Asmari

TELUK KUANTAN - GETARPIJAR.COM - Untuk memenuhi kebutuhan akses transportasi di wilayah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Dinas Perhubungan (Dishub) setempat mengajukan bantuan bus umum angkutan penumpang ke Perum Damri untuk pelayanan angkutan perintis di tiga koridor di daerah tersebut.


Kepala Dinas Perhubungan Kuansing, Asmari, kepada media ini, Rabu (18/03/2020) mengatakan, bahwa bantuan tiga unit bus angkutan umum itu sangat penting. Pasalnya, akses angkutan umum untuk koridor Tanjung Pauh-Teluk Kuantan, Cerenti-Teluk Kuantan dan Lubuk Jambi-Teluk Kuantan.


“Rencana trayeknya itu nanti untuk pulang pergi (PP), karena ketiga trayek koridor ini sangat dibutuhkan, wilayah tersebut masih minim angkutan umum.” Kata Asmari.


Jika bantuan ini direalisasikan oleh Perum Damri, tiga unit bus itu nantinya bisa melayani trayek di tiga wilayah tersebut. Baik itu trayek dari Tanjung Pauh, Cerenti maupun dari Lubuk Jambi atau Hulu Kuantan, sebelum masuk terminal Teluk Kuantan mereka terlebih dahulu melalui komplek Pemda.


“Mengapa bus itu nanti mesti melewati komplek Pemda? Hal ini bertujuan bagi masyarakat yang ada keperluan pelayanan di OPD bisa langsung sampai ditempat. Seperti kan masyarakat ada juga keperluan perizinan dan administrasi kependudukan yang mesti mendatangi kantor Pemda.” jelasnya.


“Mengenai tarif tiketnya nanti pihak Damri yang menentukan berapa harganya. Sebelum tarifnya ditetapkan nanti terlebih dahulu pihak damri melakukan survei.”imbuhnya.


Dia menambahkan, pengajuan bantuan bus angkutan umum itu telah disampaikan oleh pihaknya sekira dua pekan lalu ke Divisi Komesial dan Pelayanan Perum Damri di Jakarta.


“Ya, sekira dua pekan lalu pengajuannya telah kami sampaikan langsung ke Divisi Komersial dan Pelayanan Perum Damri di Jakarta. Kita berharap segera teralisasi dan kebutuhan transportasi umum bisa terjawab,” ungkap Asmari mengakhiri. (Hrc/Gpc)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR