Tanggal :

Bupati Rohil Buka Pelatihan Pengembangan Manajemen Koperasi Angkatan I

Dibaca: 848 kali  Sabtu, 14 Maret 2020 | 14:50:50 WIB
Bupati Rohil Buka Pelatihan Pengembangan Manajemen Koperasi Angkatan I
Ket Foto : Bupati Rohil H.Suyatno foto bersama usai membuka acara Pelatihan Koperasi

BAGANSIAPIAPI - GETARPIJAR.COM - Pelatihan pengembangan manajemen koperasi angkatan I di helat di lantai VI hotel Kesuma Jalan Riau Bagansiapiapi, Jumat kemarin.


Tampak hadir bupati kabupaten Rokan Hilir (Rohil) H.Suyatno, kadis koperasi dan UMKM H.Wazirwan Yunus, dan Nara sumber dari Widyaswara. Hadir juga enam puluhan para peserta pelatihan.


Bupati Rohil H Suyatno Amp mengatakan pelatihan pengembangan manajemen koperasi sangat penting, sudah banyak koperasi-koperasi yang telah berhasil jadi jangan sampai manajemen koperasi itu tidak bagus. “Kalau koperasi nya bagus tapi manajemen nya tidak bagus sama saja,”katanya.


“Saya menekankan kepada pengurus koperasi Rohil, banyak potensi Rohil yang perlu kita kembangkan Ini peran koperasi juga, koperasi harus mengadakan rapat tahunan, kalau kita tidak melaporkan perkembangan koperasi melalui dinas terkait yaitu Dinas koperasi laporan koperasi harus lengkap. Ini ada kaitannya dengan manajemen koperasi, banyak koperasi-koperasi yang tidak melapor dengan adanya pelatihan ini koperasi yang ada akan membuat laporan bulanan dan tahunan, ungkapnya.


Sementara itu dilokasi yang sama Kadis Koperasi dan UKM Rohil wazirwan Yunus, S.Sos,M.Si mengatakan pelatihan yang diselengarakan ini untuk melatih para pengurus koperasi supaya lebih baik lagi dalam mengurus manajemen baik itu dalam laporan keuangan maupun dalam administrasi.


“Dalam tata kelola koperasi tersebut Koperasi ini tidak aktif saja tapi bagaimana koperasi ini bisa berkembang karena koperasi ini menggerakkan perekonomian masyarakat, kita berharap seluruh koperasi yang ada di Rokan Hilir ini bisa lebih baik, berkembang,maju dan sejahtera anggota dan perekonomian masyarakat,” harapnya.


Lanjut Wazirwan Yunus Sebagian besar pengurus koperasi yang baru mengatakan, 60 peserta pengurus koperasi dilatih selama dua hari. “60 peserta ini dibagi menjadi dua angkatan supaya fokus pada saat pelatihan, hari ini 30 peserta satu narasumber begitu juga hari selanjutnya,” pungkasnya.


Ketua panitia pelaksana Budi Soelistyo mengatakan pelatihan ini diikuti oleh 60 peserta dari 18 kecamatan se-Rokan Hilir. "Narasumber beserta peserta berjumlah enam puluh orang berasal dari koperasi yang berada di wilayah kabupaten Rokan Hilir,"tuturnya.


Sedangkan waktu pelatihan pelaksanaan pada tanggal 12 hingga tanggal 15 Maret 2020  bertempat di Hotel Kesuma.  "Biaya pelatihan pengembangan bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten Rokan Hilir tahun 2020,"jelasnya.


Sedangkan bupati kabupaten Rokan Hilir (Rohil) mengatakan pada saat pembukaan pelatihan ini, diharapkan para peserta mengikuti seksama pelatihan ini agar dalam pengelolaan managemen koperasi menjadi bagus. "Khusus untuk peserta bahwa kegiatan ini sangat baik, karena   kalau manajemen bagus laporan akan bagus,"ujarnya.


Kata Ia, koperasi di Rokan Hilir mampu untuk menggerakkan produk perekonomian yang bergerak di bidang perkoperasian. "Bagaimanapun bapak ibu sudah bisa ikut membantu program-program pemerintah dalam mengurangi angka kemiskinan,"tandasnya. (Soc/Gpc)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR