Tanggal :

Kadiskes Pelalawan: Belum Ada Pasien Suspect Corvid 19 di Pelalawan

Dibaca: 774 kali  Kamis, 12 Maret 2020 | 20:05:36 WIB
Kadiskes Pelalawan: Belum Ada Pasien Suspect Corvid 19 di Pelalawan
Ket Foto : ilustrasi

PANGKALAN KERINCI - GETARPIJAR.COM - Hingga saat ini menurut data Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Pelalawan, Riau, belum ada warga masyarakat atau pasien yang terjangkit Virus Corona (Corvid 19) di Kabupaten Pelalawan. Demikian disampaikan Kepala Diskes Kabupaten Pelalawan Asril di Pangkalan Kerinci melalui sambungan seluler, Kamis (12/3/2020).


Dijelaskannya, berdasarkan laporan yang diterima dari seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) juga Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Selasih Pangkalan Kerinci, belum ada penderita gejala Virus Corona.


“Sampai saat ini masih zero. Namun begitupun kita tetap stand by mengantisipasi apabila ada suspect Virus Corona. Seluruh tim medis yang kita tugaskan terutama spesialis paru-paru dan pernafasan terus memantau pasien yang berobat di setiap poly dan puskesmas,” jelasnya.


Selain mempersiapkan tim medis, Diskes juga fokus pananganan terhadap Tenaga Kerja Asing (TKA) dan juga warga yang baru bepergian maupun pulang dari luar negeri.


“Kita lebih menitik beratkan pada pada warga yang pernah keluar negeri atau memiliki riwayat perjalanan ke negara lain maupun melakukan kontak langsung dengan Warga Negara Asing (WNA),” ucapnya lagi.


Namun Kadiskes yang baru saja menjabat definitif ini mengakui pihaknya belum memiliki alat Thermal Scanner atau pengukur suhu tubuh yang menggunakan infrared.


“Alat itu berguna untuk memastikan ada gejala. Namun tanpa alat itu bila kita temukan suspect Virus Corona akan langsung kita isolasi dan kirim ke RSUD Arifin Achmad, Pekanbaru,” terangnya.


RSUD Selasih memiliki Ruang Isolasi yang berdaya guna untuk observasi bila ditemukan gejala Suspect Virus Corona. Selain ruangan tersebut dilengkapi dengan peralatan medis dan juga Alat Pelindung Diri (APD). (Hlc/Gpc)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR