Tanggal :

PMD Rohil Ingatkan BumKep Berdayakan Potensi Daerah

Dibaca: 818 kali  Kamis, 12 Maret 2020 | 20:02:01 WIB
PMD Rohil Ingatkan BumKep Berdayakan Potensi Daerah
Ket Foto : Coffe morning merajut potensi kepenghuluan melalui BumKep, Kamis (12/3/2020) di gedung pertemuan H Misran Rais, Jalan Gedung Nasional, Bagansiapiapi.

BAGANSIAPIAPI - GETARPIJAR.COM - Sejalan dengan semakin meningkatnya pembangunan infrastruktur saat ini, sesuai dengan namanya, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), melalui anggaran tahun 2020 ini pihak PMD Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melakukan terobosan program pembangunan di desa, yang mengarah pada hal bersifat pemberdayaan.


Demikian disampaikan Plt Kadis PMD Rohil, Yandra saat meyampaikan kata sambutannya pada acara coffe morning merajut potensi kepenghuluan melalui BumKep, Kamis (12/3/2020) di gedung pertemuan H Misran Rais, Jalan Gedung Nasional, Bagansiapiapi.


Ia menjelaskan, program yang mengarah ke pemberdayaan ini didukung penuh oleh pemerintah mulai dari Pemkab, Pemprop hingga ke tingkat pusat yang salah satunya dianggarkannya dana untuk Badan Usaha Milik Desa (BumDes) yang lebih dikenal di Rohil dengan nama BumKep untuk semua Kelurahan dan Kepenghuluan yang ada.


"Sebagai langkah untuk menciptakan keselarasan antar pihak yang diyakini dapat mendorong pemberdayaan potensi BUMKep tersebut dihadirkan sejumlah pihak dari kalangan perusahaan dan berbagai instansi terkait," kata Yandra sembari menghimbau kepada seluruh BumKep agar dapat bernar-benar berperan aktif dalam mengangkat, mengali, dan menciptakan potensi-lapangan lapangan usaha.


Sementara itu, Bupati Rohil dalam sambutannya mengatakan, banyak BUMkep yang ada di Rohil telah mengalami perkembangan yang baik. Perkembangan BUMkep tersebut tidak terlepas dari banyaknya potensi yang dimiliki Rohil yang dapat dikelola menjadi berbagai olahan.


Pemkab Rohil katanya lagi, selama 5 tahun terakhir sudah memberikan batuan melalui PMD sebesar Rp 552 Milyar dari APBN. Sementra dari APBD sebesar Rp624 Milliar. "Ke depan kita akan bantu BUMkep Rp 50 juta per Kepenghuluan,"katanya.


Bupati juga mengaku banyak mendapat laporan baik dari perorangan maupun kelompok yang berkaitan dengan penggunaan Dana Desa yang dijalankan Kepenghuluan. "Namun para kades jangan takut karena ada Bhabinkamtibmas untuk meminta pendapat, saya setuju jika pencairan memanggil bhabinkamtibmas untuk pengamanan,"paparnya.


Namun, Bupati mengingatkan para Datuk penghulu agar senantiasa berhati-hati dalam menggunakan Dana Desa. "Pemerintah itu sudah bagus memberikan kesempatan kepada desa se Indonesia, untuk memakmurkan masyarakat, ini tergantung kita bagaiman dana yang ada kita olah dari 10 juta menjadi 20 juta," terangnya.


Apalagi tambahnya, Rohil memiliki begitu banyak potensi yang dapat dikelola oleh BUMkep di wilayah masing-masing.  (Wrc/Gpc)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR