Tanggal :

Bahas Corona

Gubri Gelar Pertemuan Dengan Kadis Kesehatan se Provinsi Riau

Dibaca: 814 kali  Selasa, 10 Maret 2020 | 23:37:54 WIB
Gubri Gelar Pertemuan Dengan Kadis Kesehatan se Provinsi Riau
Ket Foto : Gubri H Syamsuar saat menggelar pertemuan dengan Kadis kesehatan se Provinsi Riau

PEKANBARU - GETARPIJAR.COM - Dalam rangka membahas terkait kesiapsiagaan Provinsi Riau dalam menangani COVID 19 atau virus corona di Riau, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menggelar pertemuan dengan Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan se Provinsi Riau.

Selain Kadis Kesehatan se-Provinsi Riau, pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Rumah Sakit se-Provinsi Riau, termasuk rumah sakit swasta dan rumah sakit TNI Polri, yang berlangsung di Ruang Rapat Kenanga Kantor Gubernur Riau, Selasa (10/03/2020).

Syamsuar menyebutkan, rapat tersebut dalam rangka membahas suspect corona di Riau, sekaligus menyampaikan dan mengecek kondisi di masing-masing daerah.

"Walaupun sudah ada rumah sakit rujukan pemerintah, kita juga harapkan rumah sakit swasta siap membantu termasuk rumah sakit TNI Polri," katanya.

Ia juga menerangkan, jika terjadi tanda-tanda penyebaran virus corona di daerah lainnya, maka standar operasional penanganannya sama dengan penanganan di Pekanbaru, Dumai, Bengkalis dan daerah lainnya.

"Kalau ada tanda-tanda harus segera diisolasi dan dideteksi dan perkembangannya juga harus diuji sampai benar-benar sembuh," tambahnya.

Gubri berharap kasus ini dapat diselesaikan dengan secara bersama, melibatkan pemerintah dan swasta. Untuk itu, ia mengajak rumah sakit swasta untuk turut serta membantu penanganan COVID 19 tersebut.

"Di samping rumah sakit rujukan dan rumah sakit milik pemerintah, kita berharap rumah sakit swasana juga ikut bantu," tutupnya.


Masyarakat Tidak Panik

Kami minta Kepala Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota beserta seluruh jajarannya termasuk RSUD, Puskesmas, Poskesdes dan stakeholder terkait lainnya agar aktif serta gencar lakukan sosialisasi atau penyuluhan kepada masyarakat akan virus Covid-19 ini, agar masyarakat tidak cemas dan panik".

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Riau H. Syamsuar saat melakukan pertemuan dengan seluruh Kepala Dinas Kesehatan dan Direktur RSUD Se-Provinsi Riau, bertempat di ruang rapat Kenanga Kantor Gubernur Riau, Selasa (10/03/2020).

Ikut mendampingi Gubernur Riau, Wakil Kajati Riau Daru Tri Sadono, Kadiskes Provinsi Riau Hj. Mimi Yuliarti dan Direktur RSUD Arifin Achmad Dr. Nuzelly Husnedi.

Tampak hadir dari Kabupaten Bengkalis Kadiskes dr. Ersan Saputra, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Diskes Bengkalis Alwizar, Direktur RSUD Mandau dr. Sri Sadono Mulyanto.

Lebih lanjut menurut Mantan Bupati Siak itu meminta masyarakat jangan terlalu panik dengan Virus Covid-19 ini.

"Jangan terlalu paniklah dengan Virus Covid-19 itu, waspada boleh saja, jangan gara-gara Corona nanti bersalaman juga sudah nggak mau, atau merubah salaman dengan kaki atau cara lainnya akibat terlalu panik. Hal tersebut kita minta jangan sampai terjadi di Negeri Lancang Kuning ini. Makanya kita minta Dinas Kesehatan lakukan penyuluhan kepada masyarakat agar masyarakat menjadi tenang," Pinta Syamsuar.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Kesehatan saat ini telah melakukan upaya antisipasi penyebaran virus corona.

"Diantara langkah dan upaya antisipasi tersebut dilakukan dengan penguatan surveilans dan kewaspadaan dini di pelabuhan sebagai pintu masuk negara/wilayah, tindakan karantina/isolasi suspeck covid-19, penguatan sistem kewaspadaan dini (TKD) di Puskesma serta koordinasi lintas sektoral," Ujar Ersan.

Menurut dr. Ersan lagi terkait instruksi Pak Gubernur Riau agar kita melakukan penyuluhan, hal tersebut sebenarnya udah kita lakukan.

"Untuk penyuluhan kepada masyarakat sebenarnya sudah kita lakukan, cuman intensitasnya perlu kita tingkatkan lagi agar masyarakat tidak panik sehingga tenang serta cerdas dalam menerima informasi," Pungkas Ersan. (Humas/Mcr/Gpc)

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR