Tanggal :

Jelang Sehari Ramadhan

Menara MAIC Rohul Jadi Tempat Lihat Hilal

Dibaca: 838 kali  Ahad, 08 Maret 2020 | 16:42:48 WIB
Menara MAIC Rohul Jadi Tempat Lihat Hilal
Ket Foto : Kakankemenag Rohul, Drs H.Syahrudin MSy

PASIR PANGARAIAN - GETARPIJAR.COM - Menara Masjid Agung Islamic Centre (MAIC) Rokan Hulu (Rohul), sehari menjelang masuknya bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriyah atau diperkirakan 23 April 2020, dijadikan tempat Hilal atau menentukan masuknya bulan Ramadhan.

 

Itu diakui Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Rohul, Drs H Syahrudin MSy Sabtu kemarin, dan nantinya seluruh Kasi Bimas Islam Kabupaten/Kota di Riau termasuk perwakilan Kanwil Kemenag Riau turun langsung ke Rohul.


"Saat ini kita tengah mempersiapkan kunjungan Kasi Bimas Islam ke Rohul. Awalnya, Kemenag kabupaten/ kota diminta kesediaan untuk dijadikan tempat melihat hilal masuknya bulan Suci Ramadhan tahun ini. Namun tidak ada yang bersedia akhirnya Rohul yang bersedia, mengingat kita punya menara MAIC Rohul," kata Syahruddin.


Syahrudin juga mengaku sangat bangga, karena Rohul ditunjuk menjadi tempat melihat Hilal. Apalagi seluruh Kasi Bimas Islam se Kabupaten/ Kota nantinya hadir sehingga ini jadi ajang promosi keberadaan MAIC yang sudah ditetapkan sebagai Masjid Paripurna tingkat Nasional tahun 2015.


"Awalnya ditawarkan Meranti dan Rohil untuk jadi tempat melihat Hilal. Tapi semuanya menolak karena susah untuk melihat mencari ketinggian yang bisa digunakan dalam menggunakan alat-alat teropong. Pada waktu itu dengan melihat ketinggian menara MAIC Rohul maka Kanwil Kemenag Riau menyarankan agar di MAIC Rohul saja dijadikan tempat melihat Hilal," ucap Syahrudin.


"Selain menyiapkan kedatangan tamu tamu dari Kemenag Kabupaten/ kota se Riau kita juga akan mensterilkan lokasi pada tanggal tersebut agar tidak dikunjungi dan dipadati para pengunjung supaya bisa leluasa saat melihat Hilal. Nantinya hasilnya yang menjadi jadwal penetapan masuknya bulan Ramadha," sebut Syahrudin lagi.


Kakan Kemenang juga akan membuat surat resmi ke Pemkab Rohul terkait dijadikannya menara MAIC Rohul melihat Hilal termasuk pengurus MAIC Rohul.


Syahrudin berharap, keberadaan MAIC Rohul sebagai masjid Paripurna Nasional juga dipromosikan baik bidang keagamannya termasuk program pembinaan Tahfiz Quran yang kini sudah sangat dikenal, bukan hanya di kabupaten/ kota di Riau saja bahkan dikenal di tingkat nasional. (Hlc/Gpc)

 

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR