Tanggal :

KPU Lantik 54 Sekretariat PPK se-Rohil

Dibaca: 870 kali  Sabtu, 07 Maret 2020 | 16:04:02 WIB
KPU Lantik 54 Sekretariat PPK se-Rohil
Ket Foto : Wakil bupati kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Drs H.Jamiludin bersalaman saat menghadiri Pelantikan 54 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Rohil.

BAGANSIAPIAPI - GETARPIJAR.COM - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) secara resmi melantik 54 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Rohil pada Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Rohil tahun 2020, Sabtu (7/3/2020) sore, di aula media center KPUD setempat, Jalan Kecamatan, Batu empat.


Sekretariat PPK itu dilantik oleh ketua KPU Rohil, Supriyanto dan dihadiri Wakil Bupati Rohil Drs Jamiluddin, Sekda Rohil HM Job Kurniawan, Wakil Ketua DPRD Rohil Basiran Nur Efendi, Bawaslu Rohil diwakili oleh Jaka Abdillah, para perwakilan partai politik dan berbagai unsur lainnya.


Adapun sekretariat PPK yang dilantik terdiri dari 18 Kecamatan. Sementara setiap kecamatan terdiri dari tiga orang dengan total 54 orang dengan masa tugas sembilan bulan.


Ketua KPU Rohil Supriyanto dalam sambutannya mengatakan, dalam proses penyelenggaraan pemilu para sekretariat PPK yang baru saja dilantik harus berpegang ada kode etik dan undang-undang yang ada. "Setiap proses pelaksanaan baik dari awal hingga akhir harus memegang teguh kode etik," tegasnya.


Kemudian lanjutnya, menjaga integritas sebagai pelaksana pesta demokrasi. Sebab terangnya, integritas dapat dipandang dari proses dan hasil. "Sebab, jika proses nya bermasalah, maka hasilnya juga akan dipertanyakan," ujarnya.


Di dalam undang-undang tambahnya, sekretariat PPK memiliki kewajiban membantu tugas-tugas PPK. Seperti pemutakhiran data pemilih maupun lainnya. "Setiap tahapan kami selaku penyelenggara juga sangat butuh dukungan baik dari pemerintah daerah, partai politik, masyarakat serta semua elemen," jelasnya.


Sementara itu, Wakil Bupati Rohil Drs Jamiluddin dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada sekretariat PPK yang baru saja dilantik. "Harapan saya kepada para PPK yang baru dilantik bekerjalah dengan cara profesional, jangan sampai dapat dipengaruhi oleh siapapun," pintanya.


Sebab lanjutnya, sejak Rohil berdiri kurang lebih 20 tahun, setiap penyelenggaraan Pemilu dapat terlaksana dengan baik tanpa ada persoalan. "Kami yakin dan percaya para sekretriat PPK yang baru saja dilantik pada Pilkada 2020 ini akan taat melaksanakan sesuai undang-undang," pungkasnya.

 

Dihadiri Wabup Rohil Jamiludin

Kalau dilihat dari susunan organisasi atau perubahan kelembagaan penyelenggara Pemilu di dalam undang-undang yang disebut bahwa penyelenggaraan pemilu adalah KPU, Bawaslu, dan DKPP. Sedangkan di dalam jajaran KPU itu ada KPU RI, provinsi, kabupaten/kota. Kemudian dibawahnya itu adalah PPK Kecamatan, kemudian TPS di desa, KPPS di TPS.


Wakil bupati kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Drs H.Jamiludin yang ikut menghadiri pelantikan mengharapkan penyelenggara pemilu bekerja secara profesional. Memang selama berdirinya kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dan sudah beberapa kali menyelenggara pemilu keadaan selalu kondusif


"Alhamdulillah kita kompak dan bisa terlaksana dengan  baik dan tidak terjadi hal apapun, bahkan di tahun ini pilkada lagi,"tuturnya.


Dijelaskannya, bahwa pemilihan bupati dan wakil bupati di Rokan Hilir (Rohil) pada tahun 2020 ini yang selanjutnya pada tahun 2024 merupakan pemilihan serentak.


"Kami yakin dan percaya para anggota PPK atau penyelenggara pemilu pada pelaksanaan Pemilu di tahun 2020 ini akan melaksanakan sesuai undang-undang,"ujarnya.


Dikatakannya, bahwa pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang mulia sesuai dengan ketentuan yang berlaku.


"Hari ini anda dilantik, berarti hari ini anda sudah menanamkan minat dan sikap. Saya sampaikan agar bekerja profesional. Pekerjaan ini kita lakukan untuk menopang di tahun 2024. Selamat bekerja selamat bertugas. Mudah-mudahan apa yang kita cita-citakan terlaksana dengan baik," ujarnya. (Wwc/Gpc)

 

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR