Tanggal :

Kunker Bupati H Sukiman Ajak Masyarakat Bersatu Untuk ‘ Rokan Hulu Maju’

Dibaca: 1694 kali  Jumat, 06 Maret 2020 | 16:00:42 WIB
Kunker Bupati H Sukiman Ajak Masyarakat Bersatu Untuk ‘ Rokan Hulu Maju’
Ket Foto : Bupati H Sukiman saat realisasikan visi ‘Membangun Desa Menata Kota’ dengan bersilaturrahmi dan menghimpun keluhan dan aspirasi masyarakat, hal ini seperti pada Kunker di Desa Kepenuhan Jaya, Kecamatan Kepenuhan Hulu, Jum’at (6/3/2020).

KEPENUHAN HULU - GETARPIJAR.COM - Kunjungan Kerja (Kerja) Bupati Rokan Hulu (Rohul) H Sukiman ke berbagai desa di Kabupaten berjuluk Negeri Seribu Suluk, sebagai momen untuk menampung dan menyerap aspirasi kebutuhan masyarakat.


Komitmen Bupati H Sukiman untuk merealisasikan visi ‘Membangun  Desa Menata Kota’ dengan bersilaturrahmi dan menghimpun keluhan dan aspirasi masyarakat, hal ini seperti pada Kunker di Desa Kepenuhan Jaya, Kecamatan Kepenuhan Hulu, Jum’at (6/3/2020).


Pada kesempatan itu, kedatangan Orang Nomor 1 di Rohul ini, di damping  Ketua Tim Penggerak PKK Hj Peni Herawati Sukiman, Kadis DKPP Barikun SP, beserta rombongan di Kepenuhan Jaya.


Mereka, disambut Camat Kepenuhan Hulu Agus Salim S Sos, Plt Kepala Desa Kepenuhan Jaya Sugeng, Direktur Bumdesa Sinar Gemilang, Tokoh Masyarakat, Agama, Pemuda dan ratusan masyarakat lainnya.


Dalam Kunker Bupati H Sukiman kali ini, dikemas  dalam kegiatan Musyawarah Pertaggungjawaban Bumdesa (MPTB) Sinar Gemilang dan Pengajian Akbar dan Istighosah dalam  peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW.


Pada saat Bupati H Sukiman bersama Ibu Hj Peni Herawati yang Ketua Bunda PAUD Rohul dengan rombongan tiba di Desa Kepenuhan Jaya, terlihat wajah masyarakat gembira menyambut pemimpin mereka.


Apalagi gaya komunikasi Bupati H Sukiman dan Ibu Hi Peni Herawati yang tampil berbeda dengan pemimpin lainnya, keduanya terlihat seperti tak canggung dan langsung akrab dengan beragam latar belakang masyarakat.


Pada kesempatan itu, Plt Kepala Desa Kepenuhan Jaya Sugeng menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati H Sukiman yang sudah datang langsung  berjumpa dengan masyarakatnya.


Sugeng pun menguraikan aspirasi masyarakatnya, seperti pembanguan insfrastruktur jalan di aspal untuk  mempelancar akses transportasi hasil pertanian dan perkebunan masyarakat.


“Jalan kami sering rusak, apalagi bila musim hujan, sehingga biaya atau cost yang dikeluarkan petani  semakin naik,” kata Sugeng


Memang diakui Plt Kades Kepenuhan Jaya, Pemkab Rohul berbuat di Desanya, baik infrastruktur, Pmpendidikan, keagamaan, sosial kemasyarakatan dan lainnya.


“Harapan saya Pemkab dan masyarakat harus bersatu untuk Rokan Hulu Maju’, dengan harapan akses infrastruktur jalan semakin baik kedepannya, ” harapnya.


Tidak itu saja, Sugeng juga melaporkan hasil MPTB Bumdesa Sinar Gemilang tahun Buku 2019,  berdiri sejak tahun 2012, dengan modal awal Rp 300 juta, kemudian berkembang dana perguliran mencapai Rp 3.120.803.850 dengan masyarakat pemanfaat 257 orang.


“Kemudian tahun 2019 BUMDes, kita mendapatkan bantuan keuangan dari Pemprov Riau sebesar 150.000.000, nsya Allah nanti akan digunakan untuk membuka usaha baru di bidang Gas LPG bersubsidi dan lainnya,” lanjutnya.


“Sementara, PADes  Rp150 juta  ini kita arahkan untuk gas LPG dan BRI Link, tujuannya untuk membantu masyarakat, sering mengeluh membeli Gas LPG dengan harga mencapai Rp 50.00.000,” tuturnya


“Sedangkan untuk izin dan surat menyurat melengkapi persyaratan membuka usaha LPG sudah selesai, kita berharap masyarakat bisa membeli gas LPG sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) kedepan ini,” tambahnya.


Kemudian menyahuti, penyampaian Plt Kepala Desa Kepenuhan Jaya,  Bupati H Sukiman, mengenai aspirasi masyarakat dalam pembangunan jalan di aspal, sebagai bukti komitkennya tahun 2020 ini direalisasikan.


“Percepatan pembangunan infrastruktur jalan, terus kita laksanakan itu prioritaskan untuk desa, namun kita juga tetap menyesuaikan dari kemampuan keuangan daerah kita ,” kata Bupati H Sukiman.


Kalau dirinya semakin cepat di mulai pembangunan jalan itu, tentu semakin cepat, masyarakat merasakan hasilnya, dampaknya pertumbuhan ekonomi akan membaik, karena transportasi hasil perkebunan masyarakat  bisa lancar.


Bupati H Sukiman  menyampaikan postur APBD Rohul terbatas, jika membangu di 139 Desa, 20  persiapan dan 3  Eks Transmigrasi,  dibangun secara merata tanpa adanya perbedaan suku, ras dan agama, namun dilakukan harus secara bertahap dan berkelanjutan.


“Dalam mendorong peningkatan perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, saya  sangat komitmen  membangun kampung halaman yang sama-sama kita cintai ini, tapi harus  kompak, dengan konsep kebersamaan,” ujar Bupati H Sukiman, diiringi dengan tepuk tangan masyarakat yang hadir saat itu.


Selain itu, Bupati H Sukiman mengapresiasi pengelolaan BUMDesa Sinar Gemilang, dari hasil SHU dan perguliran dana mencapai peningkatan bagus, sehingga berkontribusi untuk PADes dan membantu masyarakat.


“Harapan kita Pengurus Bumdes jalin kerjasama yang baik antara pengurus, karena kebersamaan kita akan lebih maju, saya minta Bapak Sugeng benahi terus Desa ini, sehingga desa ini lebih maju dan sejahtera,” imbaunya.


Terlihat juga Bupati H Sukiman memberikan bantuan untuk penyelanggaraan Pengajian Akbar dan Istighosah senilai Rp 5.000.000.


Tidak itu saja,  dia meminta kepada pihak Desa untuk membuat proposal pembangunan Mesjid, Kepenuhan Jaya, karena untuk bantuan dana hibah harus sesuai dengan aturan yang berlaku, agar tidak terjadi kesalahan dikemudian hari. (Kominfo)

 

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR