Tanggal :

Terkait Penandatanganan Pasien Corona

Diskes Rohil Siapkan 3 Rumah Sakit

Dibaca: 822 kali  Kamis, 05 Maret 2020 | 14:40:24 WIB
Diskes Rohil Siapkan 3 Rumah Sakit
Ket Foto : Kadiskes Rohil, Hj Ners Dahniar S Kep Mkes

BAGANSIAPIAPI - GETARPIJAR.COM - Dinas Kesehatan (Diskes) kabupaten Rokan Hilir (Rohil) saat ini telah mengirimkan Surat Edaran (SE) kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi penyebaran novel coronavirus (2019-nCoV) dengan nomor 445/Diskes/II/2020/127 kepada seluruh Puskesmas.


Diskes Rohil juga sudah membentuk tim terpadu kesiapsiagaan dalam penanganan infeksi virus corona berdasarkan surat edaran dari bupati Rohil nomor 03 tahun 2020.


Kadiskes Rohil, Hj Ners Dahniar S Kep Mkes, menerangkan bahwa selain meningkatkan kewaspadaan kesiapsiagan, Diskes juga telah menyiapkan tiga rumah sakit untuk ruangan isolasi sementara penanganan pasien yang terserang wabah virus baru tersebut.


Adapun tiga rumah sakit yang disiapkan untuk menangani pasien corona yakni RSUD dr RM Pratomo, RS Indah dan RS Cahaya.


Selain itu, ia juga menginstruksikan seluruh pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) dan Kantor Kesehatan pelabuhan (KKP) untuk meningkatkan pengawasan dan pemeriksaan kapal luar negeri yang datang ke Rohil.


"Kita tidak akan melakukan pengamatan dan memantau terhadap seseorang yang datang dari luar negeri atau luar daerah selama 14 hari, akan tetapi 28 hari. Karena virus bisa saja bermutasi terus dan 20 hari kedepannya baru muncul gejala-gejalanya," cakapnya.


Kadiskes juga meminta masyarakat untuk melakukan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) dengan cara memakan makanan dengan gizi yang seimbang, rajin olahraga dan istrahat cukup, cuci tangan pakai sabun, jaga kebersihan lingkungan, tidak merokok.


Kemudian gunakan masker bila batuk atau tutup mulut dengan lengan atas bagian dalam, minum air putih 8 gelas/hari, makan makanan yang dimasak sempurna dan jangan makan daging dari hewan yang berpotensi menularkan. Bila demam dan sesak nafas segeralah ke fasilitas kesehatan, dan jangan lupa berdoa.


Dahniar berpesan agar menghindari kontak jarak dekat dengan penderita ISPA, gunakan alat pelindung diri (APD), sering cuci tangan pakai sabun terlebih setelah kontak langsung dengan orang sakit atau lingkungan orang sakit. Dan ingatkan kepada orang dengan ISPA harus menerapkan etika batuk dengan jaga jarak dengan orang atau menutup mulut dan hidung dengan tissue atau baju saat batuk dan bersin. (Ckl/Gpc)

 

Akses getarpijar.com Via Mobile m.getarpijar.com
BERITA TERKAIT
TULIS KOMENTAR